TC Timnas Senior Dijadwalkan Februari-Maret

Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) menerima operan dibayangi pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA - Setelah resmi didapuk menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, Simon McMenemy langsung melalukan langkah awal. Rencananya, McMenemy akan mulai memimpin sesi pemusatan latihan (Training Center/TC) antara Februari atau Maret 2019.

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

McMenemy sebelumnya sudah berkeliling menyaksikan sejumlah pertandingan di ajang Piala Indonesia 2018/2019, untuk mencari pemain yang akan dipanggil TC. Buktinya. Pelatih asal Skotlandia ini pun terlihat tengah menyaksikan laga antara Persija kontra Kepri Jaya di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Rabu 23 Januari 2019.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, membenarkan bahwa saat ini Simon tengah menyaksikan sepak terjang para pemain calon anggota Timnas Indonesia, terutama pemain dari klub Liga 1. Misi Simon tak lepas dari keinginannya untuk membangun tim yang kuat dan kompetitif.

Apa Jadinya Jika Timnas Indonesia U-23 Ketemu Israel di Olimpiade 2024?

Dikatakan Tisha, setelah mendapatkan pemain yang diinginkan Simon akan menyerahkannya kepada PSSI. Setelah itu, PSSI akan mengurus administrasi pemanggilan pemain kepada klub-klub di mana pemain berasal.

"Simon saat ini tengah building tim behind the scene-nya terlebih dahulu untuk diserahkan kepada PSSI nominasinya, dan nanti kami atur administrasinya," ucap Tisha kepada wartawan.

Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

"Kemudian, mengenai pemain di Piala Indonesia Simon sudah dimulai, Simon sudah datang dan keliling. Next dia akan melihat pertangan di Arema, di Madura (United), dan akan melihat pertandingan beberapa klub-klub Liga 1 kemarin," katanya.

Tisha menegaskan, dalam satu bulan ini Simon harus memfokuskan untuk pencarian dan pemilihan pemain. Setelah itu, barulah sesi pemusatan lakukan bisa dilakukan.

Rencananya, pemusatan latihan akan digelar pada Februari 2019. Akan tetapi jika Simon masih melakukan analisa pemain-pemain yang dipanggilnya, TC baru akan digelar Maret.

"Dalam satu bulan ini, kami akan fokuskan diri dulu untuk pemilihan pemain secara cermat. Kemudian apabila nanti diperlukan, di bulan Februari sudah dipanggil untuk training camp fase pertama. Apabila satu bulan ini Simon menginginkan penggodokan lebih dulu untuk tim analisisnya, untuk opponents (calon lawan) dan lain sebagainya maka training camp akan dilakukan bulan Maret," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya