Rekor Pertemuan, Vietnam Berpotensi Kejutkan Timnas U-22

Timnas Indonesia U22.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Timnas Indonesia U-22 sudah memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-22. Di laga selanjutnya, Garuda Muda akan bersua tim kuat, Vietnam, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu 24 Februari 2019.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Bersua salah satu unggulan juara, Indonesia patut waspada. Sebab, Vietnam berpotensi besar untuk memberi kejutan pada skuat asuhan Indra Sjafri.

Bagaimana tidak, tim besutan Nguyen Quoc Tuan lolos ke semifinal dengan status juara Grup A. Mereka mengalahkan Thailand lewat selisih gol lantaran sama-sama mengoleksi dua kemenangan dan satu hasil imbang di fase grup.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Kendati demikian, rekor pertemuan antara Indonesia dan Vietnam masih dikatakan berimbang. Memang, kedua tim belum banyak bertemu di level U-22. Sebab, turnamen Piala AFF U-22 baru digelar dua kali, 2005 dan 2019. 

Sementara di SEA Games, kedua tim selalu bertemu dalam dua edisi terakhir. Namun, kali pertama pertemuan Timnas U-22 dengan Vietnam terjadi pada SEA Games 2011.

Vietnam Dapat Kabar Buruk Lagi Usai Dihancurkan Timnas Indonesia

Kala itu, tim yang ditukangi oleh Rahmad Darmawan berhasil lolos ke semifinal dengan status sebagai runner up Grup A di bawah Malaysia. Kedua tim akhirnya bertemu di semifinal dan Tim Merah Putih sukses mengungguli Vietnam 2-0 berkat gol Titus Bonai dan Patrich Wanggai.

Tim berjuluk The Golden Stars itu berhasil membalasnya di SEA Games 2015. Pada edisi ini, kedua tim bertemu di partai perebutan medali perunggu. Sayangnya, tim yang diperkuat Evan Dimas Darmono gagal berbicara banyak dan dibantai lima gol tanpa balas.

Pada pertemuan terakhir yang terjadi di SEA Games 2017, kedua tim bertarung dengan sengit. Tergabung di Grup B, tak ada pemenang di laga ini lantaran hanya bermain imbang tanpa gol.

Namun, pada akhirnya Garuda Muda yang lolos ke semifinal, karena di laga terakhir Vietnam dibungkam Thailand dengan skor 0-3. Sedangkan Garuda Muda menang 2-0 melawan Kamboja.

Tentunya, semua itu hanyalah data di atas kertas. Namun, melihat fakta di lapangan saat ini, permainan Indonesia telah menunjukkan perkembangan sejak laga perdana.

Patut dinantikan, apakah skuat asuhan Indra Sjafri bisa mewujudkan mimpi untuk lolos ke final. Ataukah Vietnam yang sukses meneruskan tren positif di sepanjang turnamen ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya