Menpora Minta PSSI Proaktif Urusi Polemik Ezra Walian

Ezra Walian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, meminta PSSI agar proaktif dalam menangani kasus Ezra Walian. Dia sangat menyayangkan pemain RKC Waalwijk ini gagal membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Diketahui, Ezra menjadi salah satu pemain yang dibawa pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, untuk membela panji Merah Putih di Vietnam. Sayangnya, niat pemain 21 tahun untuk membela Indonesia terganjal Statuta FIFA.

FIFA melarang Ezra membela Indonesia, karena dia sudah pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014 melawan Georgia dan San Marino. Kedua laga tersebut berstatus pertandingan level A. Ezra sendiri baru menjadi WNI pada 2017.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Menyoal kasus ini, Imam mengaku heran. Mengapa PSSI bisa lalai dalam mengurus dokumen yang diperlukan agar pemain naturalisasi itu bisa membela Indonesia.

"Kami baru tahu juga sehingga kami belum bisa memberikan respons lebih lanjut. Tapi setidaknya ini jadi pelajaran penting agar berikutnya harus disiapkan apa saja prasyarat yang harus dipenuhi bagi setiap pemain untuk bisa memperkuat timnas, terutama yang masih dianggap punya dwikewarganegaraan," kata Imam Nahrawi.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

"Oleh karenanya PSSI perlu proaktif, sisi mana yang bisa dibantu oleh pemerintah. Karena pada prinsipnya, pemerintah akan terus membantu setiap keinginan cabor dalam meraih prestasi terbaiknya," lanjutnya. (ren)

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Menpora Dito Ariotedjo buka suara terkait jebolan PPLP, PPOP, dan SKO Kemenpora mendominasi skuad Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024