Pelatih Timnas Indonesia Berbagi Ilmu di Liga TopSkor U-13

Markus Horison di coaching clinic di Liga TopSkor U-13
Sumber :
  • Dok. Liga TopSkor

VIVA – Dua pelatih Timnas Indonesia, Fakhri Husaini dan Bima Sakti membagi ilmunya kepada para peserta Liga Hansaplast TopSkor U-13 di Lapangan Universitas Trisakti, Nagrak, Bogor, kemarin. Mereka ditemani oleh Markus Horison, Andritany Ardhiyasa, dan Firmansyah.

Fakhri Husaini: Pujian ke Pemain Naturalisasi Bisa Sakiti Pemain Lokal

Sebanyak 200 pemain muda turut ambil bagian pada acara coaching clinic kali ini. Para ahli memberi pengetahuan tentang teknik bermain hingga taktik dan strategi sederhana.

Menariknya, Fakhri tidak lupa menyertakan nasihat mengenai kegandrungan anak muda dengan gawai. Menurut dia, peran orang tua juga menjadi vital.

Persela Lamongan Pecat Fakhri Husaini

"Handphone adalah musuh terbesar pemain muda. Jadi harus pintar dan bijak memakainya. Orangtua juga harus mengawasi," kata Fakhri.

Bima juga punya penilaian terhadap Liga TopSkor. Berlangsung sejak lama, terbukti mampu menghasilkan bibit-bibit pemain muda yang diandalkan Timnas Indonesia.

Resmi, Fakhri Husaini Pelatih Persela Lamongan

"Kompetisi seperti Liga TopSkor harus tetap ada, karena terbukti menjadi tempat mengasah kemampuan pemain," ujar Bima.

Direktur Liga TopSkor, Yusuf Kurniawan, mengungkapkan ajang besutannya tidak sekadar menyediakan wadah kompetisi, melainkan juga mengedukasi peserta. Terutama dalam menerapkan permainan berkualitas yang bersumber dari latihan yang baik dan berkualitas.

"Karena itu kami selalu mengadakan coaching clinic dan pertandingan ekshibisi dengan melibatkan pelatih nasional maupun pemain timnas usia muda produk Liga TopSkor. Kehadiran mereka diharapkan menginspirasi dan memberi pengalaman langsung kepada pemain usia dini menimba ilmu dari ahlinya," kata Yusuf.

Yusuf menambahkan, dari tahun ke tahun, Liga TopSkor makin lengkap. Tidak hanya menggelar kompetisi U-13, tetapi juga sudah ada U-12, U-15, U-16, U-17, dan Kejuaraan SMA.

Christoper Vierhaus, dari Health Care PT Beiersdorf Indonesia, selaku perwakilan dari sponsor, terkesan dengan semangat juang dari semua pemain. Dia melihat sejak pembukaan sampai final semangat itu selalu menyala.

"Kami akan terus mendukung dan mewujudkan mimpi pemain muda untuk meraih prestasi lebih tinggi di masa depan," katanya.

Distribusi Gelar Liga Hansaplast TopSkor U-13 2018/2019
Juara: ISA Fossbi Trisakti
Runner-up: ASIOP Apacinti
Peringkat Ketiga: Siaga Pratama
Peringkat Keempat: Kabomania
Topscorer: Rizaldy Putra (ISA Fossbi)
Pemain Terbaik: Tezar Briantama (ASIOP)
Pelatih Terbaik: Imral Usman (Kabomania)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya