Kisah Rafli, Sempat Dibuang Sampai Cetak Hattrick untuk Timnas U-23

Pelatih Arema FC, Milan Petrovic dan M Rafli.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya (11-11-18)

VIVA – Muhammad Rafli adalah nama yang paling mencolok dalam kemenangan besar Timnas Indonesia U-23 saat menghancurkan Filipina pada laga perebutan peringkat ketiga Merlion Cup 2019 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Minggu 9 Juni 2019. Dia mencetak tigal gol dari kemenangan besar 5-0 Garuda Muda atas Filipina. 

Sebelum Merlion Cup 2019 ini, nama Rafli tak begitu nyaring di skuat asuhan Indra Sjafri. Namanya kalah menterang dibanding dengan Egy Maunala Vikri, Marinus Wanewar dan Ezra Walian. Ya, dia memang debutan pada turnamen ini. Rafli salah satu dari 10 pemain baru Timnas U-23 yang dibawa Indra Sjafri. 

Pada prosesnya, Rafli sempat dibuang oleh Indra Sjafri. Dia sudah dua kali mengikuti seleksi Timnas U-23. Pertama jelang Timnas U-23 tampil di Piala AFF U-22 di Kamboja bulan Februari lalu. Setelah itu, dia kembali mencoba peruntungannya di seleksi Timnas U-23 untuk mengikuti kualifikasi AFC U-23 di Vietnam pada akhir Maret lalu. Namun, nasib baik belum menyertai pemain 20 tahun tersebut. Sang pelatih lebih memilih untuk menggunakan tenaga tiga pemain yang disebutkan di atas yaitu Egy, Marinus, dan Ezra.

Penantian Rafli pun berbuah manis. Dipercaya tampil sebagai starter, penyerang Arema FC itu mencatatatkan namanya di papan skor pada sebanyak tiga kali yaitu pada menit ke-5, ke-59, dan menit ke-67."Alhamdulillah saya dapat mencetak tiga gol dan Timnas U-23 menang melawan Filipina. Gol ini saya persembahkan untuk keluarga, suporter Timnas Indonesia dan seluruh pihak yang selalu mendukung saya," ucap Rafli, dikutip PSSI.

Rafli menyadari, tiga gol yang dibuatnya belum akhir dari perjuangan. Dia harus terus membuktikan diri, sebab Timnas U-23 akan tampil di SEA Games 2019 di Filipina Novermber mendatang. "Saya tetap harus berjuang keras agar dapat masuk tim di ajang SEA Games nanti karena impian saya dapat mengenakan seragam Timnas Indonesia di ajang tersebut," kata Rafli.

Pembuktian Rafli di Merlion Cup 2019 tentu akan menjadi catatan tersendiri untuk Indra Sjafri. Rafli pastinya membantu Indra Sjafri untuk semakin bervariasi meracik tim. Selain dapat dimainkan sebagai striker, Rafli dapat bermain sebagai gelandang serang. Peran tersebut sering ia mainkan di Arema FC.

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Ungguli Australia di Babak I

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timnas Australia U-23 dalam laga penyisihan Grup A Piala Asia U 23 2024. Indonesia berhasil unggul 1-0.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024