Pengamat Sebut Janji Iwan Bule Loloskan RI ke Piala Dunia Ketinggian

Para pemain Timnas Indonesia rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

VIVA – Pemilihan ketua umum baru Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru digelar pada Kongres Biasa 2020 mendatang. Namun, saat ini sudah banyak sosok yang secara terang-terangan berniat untuk mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di PSSI.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Salah satunya adalah Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu baru-baru ini mengaku mantap bersaing merebut kursi ketua umum PSSI. Dia juga sudah mulai mencari dukungan dengan menyapa pengurus Asosiasi Provinsi PSSI daerah dan klub sepakbola seluruh Indonesia.

Ada beberapa program yang dirancang Iwan jika jadi ketum PSSI nanti. Di antaranya meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 dan Olimpiade 2032. Pengamat sepakbola nasional, Supriyono Prima, menyebut target yang digagas Iwan ketinggian atau kurang realistis.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Menurutnya, untuk tampil di Piala Dunia, Indonesia tidak hanya membutuhkan infrastruktur semata. Banyak faktor yang tak kalah penting, di antaranya adalah kekuatan Tim Nasional itu sendiri.

"Ya kalau saya sebagai masyarakat, sebagai pengamat, jelas senang mendengar Indonesia ingin ke Piala Dunia. Tapi, harus realistis juga. Jangan melihat sepakbola hanya dari sisi bisnis saja, nanti Timnas bisa babak belur," kata Supriyono, kepada VIVA, Selasa 16 Juli 2019.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Di Piala Dunia, mantan pemain Timnas Indonesia di era Primavera itu menuturkan, tim-tim yang tampil telah sejak lama menyiapkan pemainnya. Bahkan, sampai 20 tahun sebelumnya.

"Sedangkan sepakbola Indonesia bagaimana, program dia (Iwan Bule) untuk meloloskan Indonesia seperti apa. Proses seleksinya seperti apa, apakah cukup dengan program saat ini (Garuda Select) yang hanya enam bulan," ucap Supriyono.

"Piala Dunia 2026, kira-kira mungkin tidak dengan kondisi sepakbola Indonesia seperti ini, saya pikir itu terlalu tinggi," imbuhnya.

Pada kepengurusan PSSI saat ini, target lolos ke Piala Dunia digadang-gadang bakal terpenuhi di edisi 2034. Itu pun Indonesia mencoba lolos dengan jalur sebagai tuan rumah. Rencananya, Indonesia akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Australia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya