Kualifikasi Piala Dunia 2022, Mental Timnas Indonesia Menjadi Penting

Para pemain Timnas Indonesia rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

VIVA – Timnas Indonesia tergabung dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda akan bersaing dengan Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Shin Tae-yong Kunci Mulut soal Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes Main Lawan Vietnam

Hasil undian ini diibaratkan sebagai mini Piala AFF. Karena ada empat Asia Tenggara yang tergabung di dalamnya. Kekuatan masing-masing tim pun tidak lagi asing.

Pengamat sepakbola nasional, Weshley Hutagalung menilai Timnas Indonesia memiliki keuntungan. Dengan jarak tempuh bertandang yang dekat, para pemain tidak lagi lelah menjalani perjalanan.

Terpopuler: Bohongi Dokter yang Dikirim Ketum PSSI, 3 Pemain Timnas Indonesia Dicoret

"Kita punya keuntungan dengan jarak tempuh yang dekat jadi para pemain tidak kelewat capek. Secara teknis, kita harusnya gak kalah dengan sesama tim Asia Tenggara terutama Malaysia," tutur Weshley saat dihubungi VIVAnews, kemarin.

Akan tetapi, diingatkan pula oleh Weshley, mental Timnas Indonesia menjadi yang paling vital. Dicontohkan bagaimana Skuat Garuda kerap kali terlalu emosional menghadapi Malaysia, dan gentar tatkala jumpa Thailand.

Shin Tae-yong Protes Jersey Timnas Indonesia Bikinan Erspo, Ini Penyebabnya

"Ganjalannya justru dari mental. Setiap bertemu Thailand kita gentar lebih dulu. Kalau bertemu Malaysia kita terlalu emosional," imbuh Weshley.

Selain mental, Weshley menilai persiapan yang dijalani Timnas Indonesia juga jadi hambatan. Evan Dimas cs hanya memiliki satu setengah bulan sebelum melakoni laga perdana melawan Malaysia, 5 September 2019 mendatang.

"Persiapan juga minim karena diselingi puasa dan lebaran. Pelatih juga masih mencari pola bakal memainkan 3-4-3 atau 4-3-3," ujar Weshley.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya