Aneh, Wonderkid Timnas Rupanya Suka Porsi Latihan 'Gila' Shin Tae Yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • vstory

VIVA  Timnas Indonesia sedang menerima tugas berat. Fisik mereka digenjot oleh sang pelatih, Shin Tae Yong, selama pemusatan latihan. Tidak sedikit yang mengeluh, namun ada satu pemain yang ternyata menyukai menu latihan ini, dia adalah Koko Ari Araya. 

Sejak menangani tim Garuda, Shin Tae Yong memang menargetkan peningkatan fisik dalam tahap awal membentuk era baru timnas Indonesia. Tahap ini dilakukan di pemusatan latihan pada 14 Februari 2020 lalu hingga 23 Februari 2020.

Sejumlah pemain, seperti kiper timnas, Nadeo Argawinata mengaku kesulitan mengikuti program gila tersebut. Bahkan 

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

"Bener digenjot fisik, apalagi penjaga gawang harus datang 30 menit sebelum latihan dimulai. Semua pemain juga merasakan hal serupa. Fisik meningkat tapi capeknya luar biasa. Sejauh ini Ahamdulillah masih sehat," kata Nadeo, kepada wartawan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Namun hal kontras justru diungkapkan oleh Koko Ari. Pemain yang baru bergabung pemusatan latihan pada Minggu 15 Februari 2020 lalu mengaku antusias menyambut program gila sang pelatih. 

"Sangat menyenangkan, saya tipenya suka lari. Kan Shin itu harus kerja keras, lari, fisik. Jadi kalau saya enak saja," kata Koko kepada wartawan di Stadion Madya, Selasa 17 Februari 2020.

Bergabungnya Koko di timnas Indonesia menjadi yang perdana dalam kariernya sebagai pesepakbola. Kesempatan ini didapat menyusul penampilan impresifnya di ajang Piala Gubernur Jatim 2020 lalu. 

Dia dipercaya tampil saat Persebaya menghadapi Bhayangkara. Shin Tae Yong yang menonton langsung kepincut dan meminta sang pelatih, Aji Santoso untuk memanggilnya ke pemusatan latihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya