TC Hari Kedua, Timnas Indonesia U-16 Diberi Materi Filanesia

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memimpin coaching clinic
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U16, Bima Sakti Tukiman, memasukkan materi Filosofi Sepakbola Indonesia (Filanesia) saat pemusatan latihan hari kedua yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa 10 Maret 2020.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Filanesia adalah filosofi yang akan menjadi pondasi dan karakter sepakbola Indonesia, baik untuk pembinaan usia dini sampai profesional dari segi individu maupun tim. Filosofi ini akan memberikan panduan dalam hal lingkup sepak bola, seperti penjenjangan latihan berdasarkan usia, pengembangan teknik pemain, dan ciri-ciri bermain di lapangan. 

“Masuk hari kedua, kami memasukkan materi Filanesia. Ini penting agar para pemain semakin memahami dan terbiasa. Termasuk pemain yang baru bergabung, agar mereka mengetahui, kira-kira seperti ini materi yang akan dilakukan oleh tim,” kata Bima dilansir laman resmi PSSI.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

“Latihan yang kami lakukan pagi hari tadi, dibuka dengan pelatihan fisik kembali. Kemudian, ada small sided game dan beberapa latihan lain. Namun porsi lebih banyak di small sided game karena kami ingin anak-anak terbiasa dengan permainan sepak bola agar siap di semua laga atau pertandingan,” lanjut Bima.

Bima Sakti Tukiman

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Latihan yang diberikan oleh Bima Sakti selalu dijalani setiap harinya di waktu pagi. Pemusatan latihan ini sebagai bagian dari persiapan tim menuju Piala Asia U-16 2020 di Bahrain.

Selanjutnya, pada sore hari, Bima dan staf pelatih akan memberikan paparan mengenai program latihannya selama ini kepada PSSI. Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala setiap bulannya di tahun ini, itu sudah dimulai dari bulan Januari, hingga nanti turnamen berlangsung. 

PSSI sendiri menargetkan Timnas U-16 meraih juara Piala AFF U-16 dan menembus babak perempat final Piala AFC U-16 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya