Soetjipto Soentoro, Bomber Timnas Lebih Tajam dari Lukaku & Batistuta

Legenda sepakbola Indonesia, Soetjipto Soentoro
Sumber :
  • facebook.com/thaifootballcyclopedia

VIVA – Generasi milenial mungkin tak banyak yang tahu mengenai Soetjipto Soentoro. Dia merupakan top scorer sepanjang masa Indonesia yang disegani di zamannya.

Kata Media Asing usai Timnas Indonesia Tekuk Australia: Impian Shin Tae-yong Bakal Jadi Kenyataan

Soetjipto membela Timnas pada 1965 hingga 1970. Pemain yang akrab disapa Gareng ini mencatat 57 gol hanya dari 68 penampilan.

Dilansir situs resmi FIFA, ini membuat Soetjipto tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas. Di posisi kedua, ada Bambang Pamungkas dengan 38 gol dari 86 penampilan. Bepe tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak Tim Merah Putih.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Perlu diketahui, torehan 57 gol Soetjipto adalah hal yang luar biasa. Pria yang meninggal dunia pada 12 November 1994 ini mampu mengungguli deretan bomber papan atas dunia.

Soetjipto unggul dari Samuel Eto'o yang mencetak 56 gol bersama Kamerun. Pemain yang akrab disapa Gareng ini juga mengungguli legenda Argentina, Gabriel Batistuta yang hanya mencetak 54 gol.

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Penyerang Timnas Belgia, Romelu Lukaku

Untuk pemain yang masih aktif, Soetjipto unggul dari Romelu Lukaku, yang menyumbangkan 52 gol bersama Belgia. Soetjipto bahkan lebih tajam dari bomber Inggris, Wayne Rooney yang mencatat 53 gol.

Tak hanya pemain, Soetjipto juga pernah merasakan karier sebagai pelatih Timnas Indonesia. Dia menangani Timnas di Piala Dunia U-20 1979.

Sayang, Garuda Muda saat itu tak mampu berbuat banyak. Mereka harus kebobolan 16 gol tanpa mencetak satu pun gol. Salah satunya kalah 0-5 dari Argentina yang diperkuat Diego Maradona.

Baru-baru ini, Bepe memberikan penghargaan pada sosok Soetjipto. Dia mencantumkan nama bomber legendaris ini dalam 11 pemain terbaik Indonesia pilihannya bersama Boaz Solossa dan Kurniawan Dwi Yulianto, untuk posisi penyerang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya