Selamat Ulang Tahun PSSI ke 90 Tahun

Latihan Timnas Senior Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Sejarah panjang dilalui oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang tepat hari ini, 19 April berulang tahun ke 90. Dalam sebuah organiasi hingga mencapai usia 90 tahun tidaklah mudah. 

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Berbagai dinamika dan cerita bahagia atau sedih pun dilalui oleh PSSI. Tidak hanya sebagai organiasi olahraga, PSSI juga sebagai salah satu alat untuk meningkatkan nasionalisme di era penjajahan Belanda. 

PSSI didirikan oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo yang memiliki keinginan agar menjadi alat pemersatu bangsa. Ketika didirikan pada 1930, PSSI sebagai alat untuk memerangi kolonialisme Belanda.

Kapten Timnas Indonesia U-23 Sambut Baik Kembalinya Nathan Tjoe-A-On

Sampai sejauh ini sudah ada 17 orang yang menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.  Saat ini Ketua Umum PSSI dijabat oleh Mochamad Iriawan yang terpilih di Kongres Luar Biasa 2019 lalu di Jakarta. 

"PSSI tak bisa dilepaskan dari sejarah panjang dan nasionalisme yang pernah terjadi di negeri ini. Selamat ulang tahun PSSI yang ke-90. Semoga makin jaya," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri dalam rilis yang diterima VIVA, Minggu, 19 April 2020. 

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

PSSI bergabung menjadi anggota FIFA pada 1952. Tahun 1954, PSSI menjadi anggota AFC dan 1984 tergabung di AFF. 

Selama 90 tahun berdiri, tentu perjalanan tidak selalu mulus. PSSI pernah mencatatkan sejarah kelam. 

Tahun 2010 sempat terjadi kisruh dengan munculnya Liga Premier Indonesia (LPI). PSSI tidak memberikan restu adanya kompetisi LPI tersebut. 

Ketua Umum PSSI saat itu, Nurdin Halid kemudian melarang segala aktivitas yang dilakukan oleh LPI. 26 Maret 2011, PSSI menggelar kongres di Riau, namun digelar secara tertutup. Kongres gagal dilakukan karena terjadi kekisruhan mengani hak suara. 

FIFA kemudian turun tangan pada April 2011. Pada 9 Juli 2011 PSSI menggelar Kongres Luar Biasa di Solo, dan Djohar Arifin Husin terpilih jadi ketua. 

Tahun 2015, PSSI pernah mendapatkan sanksi dari FIFA. Sanksi diberikan karena adanya campur tangan pemerintah di organisasi PSSI. 

Latihan Timnas Senior Jelang Keberangkatan ke Spanyol

Di sisi lain, tentu saja PSSI memiliki cerita manis. Tahun 1987 dan 1991, Timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games. 

Kemudian Merah Putih sukses menyabet gelar juara di Merdeka Games di Malaysia (1970), Pesta Sukan (1972), Anniversary Cup III di Jakarta (1972), dan President Cup di Korea (1973).

Di level kelompok umur, Indonesia juga memiliki prestasi yang cukup bagus. Tahun 2013, Timnas U-19 meraih gelar juara Piala AFF. 

Kemudian 2018, giliran Timnas U-16 yang meraih gelar juara Piala AFF. Lantas tahun 2019, Timnas U-22 menjadi juara Piala AFF. 

Sementara itu, dalam rilis FIFA sampai Februari 2020 PSSI berada di peringkat 173 dengan mengumpulkan 964 poin.

Baca juga:

Virus Corona, Pemain Arsenal Didampingi Psikologi

Diincar Barcelona, Ajax Bandrol Andre Onana dengan Harga Tinggi?

Rencana Chelsea Potong 10 Persen Gaji Pemainnya?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya