Ulang Tahun Ke-90, PSSI 'Dituntut' Menpora

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – PSSI berulang tahun yang ke-90 pada Minggu 19 April 2020. Berbagai ucapan selamat, doa dan harapan disampaikan berbagai pihak pada organisasi yang saat ini diketuai oleh Muhammad Iriawan, alias Iwan Bule itu. Termasuk dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

“Selamat ulang tahun untuk PSSI yang ke-90. Perjalanan panjang PSSI tentu suatu hal yang sangat membuat kita berharap banyak terhadap perkembangan sepakbola kita," kata Amali dalam video yang diterima VIVA, Senin 20 April 2020.

"Usia PSSI bahkan melebihi usai kemerdekaan Republik Indonesia, tahun ini kita baru memperingati hari ulang tahun yang ke-75 sementara PSSI sudah 90 tahun," sambung Amali.

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Amali kemudian mengingatkan 'hadiah' dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia (RI) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Terlebih saat hari pertama diperkenalkan sebagai Menpora, Amali ditekankan oleh Jokowi untuk memberikan perhatian khusus pada kemajuan sepakbola Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan

Oleh karena itu, di momen spesial ulang tahun, Amali 'menuntut' PSSI untuk memanfaatkan perhatian dari Presiden tersebut dan memaknai ulang tahun sebagai momentum kebangkitan.

"Sepakbola mempunyai Inpres tersendiri. Tinggal kita sebagai masyarakat sepakbola, yang harus menyikapi itu dan menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya, karena perhatian pemerintah kepada sepakbola sangat luar biasa," ucapnya.

“Sekali lagi, semangat para pengurus PSSI dari pusat provinsi, kabupaten, dan kota, peringatan ulang tahun kali ini harus dimaknai dengan kebangkitan persepakbolaan nasional,” tegas Amali.

Di sisi lain, sehari pasca merayakan ulang tahun, PSSI melakukan perubahan struktur kepengurusan. Anggota Komite Eksekutif (Exco), Yunus Nusi ditunjuk sebagai Plt Sekjen PSSI oleh Iwan Bule.

Yunus Nusi untuk sementara mengisi kekosongan posisi Sekjen PSSI setelah Ratu Tisha mengundurkan diri pada 13 April 2020.

Baca juga

Pernyataan Mengejutkan Materazzi soal Insiden Tandukan Zidane

Model Playboy Goda Jesse Lingard dengan Foto Nyaris Bugil

Deretan Pemain Terbersih Sepanjang Sejarah, Tak Pernah Diusir Wasit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya