Kangen Timnas Indonesia, 4 Comeback Timnas Paling Sadis

Selebrasi gol timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pandemi corona COVID-19 memberikan dampak luar biasa pada dunia sepakbola. Kompetisi hampir di seluruh dunia ditangguhkan, termasuk di Indonesia

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Timnas juga terpaksa menunda menunjukkan kemampuan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2020 di bawah asuhan Shin Tae-yong menyusul keputusan FIFA. 

Sejatinya, Indonesia menyisahkan tiga laga di babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Lawannya adalah Thailand, 26 Maret, Uni Emirat Arab 31 Maret dan Vietnam 4 Juni. 

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Masyarakat Indonesia tentu rindu melihat skuat Garuda unjuk gigi. Namun COVID-19 masih terus membayangi, dan untuk mengobati rasa rindu itu, berikut VIVA merangkum empat laga comeback timnas Indonesia seperti dilansir berbagai sumber: 

Indonesia vs Singapura (Piala AFF 2016)

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

25 November 2016 mungkin menjadi waktu yang tidak terlupakan bagi skuat Merah Putih. Kala itu Indonesia diwajibkan memetik kemenangan menghadapi Singapura untuk bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016.

Indonesia tertekan dengan tertinggal lebih dulu lewat gol dari Khairul Amri di menit ke-27.  Setelah unggul, Singapura kemudian menerapkan permainan bertahan. Skuat Alfred Riedl terbukti kesulitan membongkar pertahanan lawan. 

Beruntung, Indonesia bangkit di babak kedua. Di menit ke-62, Andik Vermansah mencetak gol penyeimbang sekaligus membuat mental rekan-rekannya naik. Puncaknya, di masa injury time, Stefano Lilipaly mencetak gol kedua untuk Indonesia. Skor 2-1 menjadi skor akhir untuk Indonesia dan berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF.  

Indonesia vs Thailand (Piala AFF 2016)

Final Piala AFF 2016, Indonesia bertemu Thailand. Leg pertama duel tersebut menyajikan laga seru. 

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, publik Indonesia langsung dibuat terdiam lewat gol dari Teerasil Dangda yang memaksimalkan umpan dari Theerathon Bunmathan. 

Indonesia bangkit di babak kedua, gol Rizky Pora jadi pelecut semangat Indonesia. Dia melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-65 lalu berujung gol. 

Di menit ke-70, Indonesia berbalik unggul lewat tandukan Hansamu Yama. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia. Sayang di final itu, skuat asuhan Alfred Riedl harus menelan pil pahit karena Thailand mampu membalikkan keadaan di leg kedua dengan kemenangan 2-0. 

Indonesia vs Vietnam (Piala AFF U-16 2018)

Indonesia di laga itu dikejutkan oleh gol cepat dari Vietnam di laga yang baru berumur enam menit. Skuat Fakhri Husaini bisa membalikkan keadaan di pertengahan laga. 

Di menit ke-29, pemain pengganti Muhammad Supriadi mencatatkan namanya di papan skor. Drama terjadi di babak kedua, Garuda Muda berbalik unggul lewat gol Bagus Kahfi di awal babak kedua. Indonesia mampu bernafas legah setelah gol ketiga tercipa di menit ke-63. 

Vietnam selanjutnya mencetak gol kedua di menit ke-72 dan skor 3-2 menjadi penghias di laga itu. Indonesia yang sempat terkejar memastikan kemenangan lewat gol keempatnya di masa injury time.

Malaysia vs Indonesia (Tiger Cup 2004)

Piala Tiger 2004 kala itu Indonesia masih diisi oleh Kurniawan Dwi Yulianto cs. Indonesia bertemu Malaysia di babak semifinal dengan sistem dua leg.

Leg pertama, Indonesia kalah 1-2 dan di leg kedua comeback itu terjadi. Bermain di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Indonesia tertinggal lebih dulu tapi hasilnya berakhir manis. 

Kurniawan Dwi Yulianto, Charis Yulianto, Ilham Jaya Kesuma dan Boaz Solossa masing-masing mencetak gol dan berhak atas tiket final Tiger Cup 2004. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya