5 Pensiunan Jenderal TNI AD di Kepengurusan PSSI 2019-2023

Logo PSSI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – PSSI kini memiliki lima pengurus yang latar belakangnya sebagai purnawirawan Jenderal TNI Angkatan Darat. Mereka akan bertugas dalam periode 2019-2023 di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Teranyar, Iwan Bule --sapaan Iriawan-- mengangkat dua staf khusus yang merupakan pensiunan Jenderal TNI AD. Tujuannya agar bisa memberi masukan kepadanya.

(Baca juga: Ketum PSSI Iwan Bule Angkat 2 Pensiunan Jenderal TNI Jadi Stafsus)

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Mereka yang jadi stafsus adalah Mayjen TNI (Purn) Leonardus JP Siegers dan Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi. “Keberadaan Pak Leo dan Pak Andogo sangat bermanfaat untuk memberi masukan kepada Ketua Umum,” tuturnya.

Sebelum Leo dan Andogo masuk sebagai pengurus PSSI periode 2019-2023, sudah ada tiga pensiunan Jenderal TNI AD yang masuk di dalamnya.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

1. Cucu Somantri

Cucu memiliki dua peran dalam sepakbola nasional. Selain menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, dia dipercaya menduduki posisi Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sayang, posisinya sebagai Direktur PT LIB cuma seumur jagung. Dia mengundurkan diri lantaran mencium adanya ketidaksukaan di internal.

Beberapa hari sebelum mundur, tiga direksi PT LIB lainnya berkirim surat kepada klub-klub Liga 1 2020 sebagai pemegang saham dan juga PSSI. Mereka mengeluhkan kepemimpinan Cucu yang kerap melakukan monopoli keputusan.

Cucu pernah menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan pada 2017 hingga 2018. Sebelumnya dia adalah Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat masa jabatan 20 Mei 2016 hingga 25 April 2017.

Di akhir karier militernya, Cucu bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional, sama seperti Iwan Bule. Dia menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Geografi Lemhannas.

2. Sonhadji

Sonhadji menjadi Anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2019-2023. Dia juga mengisi posisi Komisaris PT LIB, dan mengundurkan diri bersamaan dengan Cucu.

Lulusan Akademi Militers 1984 itu pernah menjadi Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman dalam kurun waktu 8 Maret 2017 hingga 9 Maret 2018.

Pria yang menyandang pangkat Mayor Jenderal ini kemudian bertugas di Lemhanas juga. Dia menduduki posisi Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional.

3. Isaac Marcus Pattipeilohy

Isaac Marcus Pattipeilohy bertugas sebagai Wakil Ketua Komite Etik PSSI. Dalam karier militer, dia menyandang pangkat Mayor Jenderal.

Lulusan Akmil 1984 kecabangan Polisi Militer itu beberapa kali menduduki jabatan penting. Mulai dari Dandenpom Surakarta, Dandenpom Surabaya, Danpom Kostrad, Danpomdam Cenderawasih, hingga Danpomdam VII/Wirabuana.

Selain di PSSI, mulai 1 Februari 2020 dia aktif menjadi staf khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

4. Leonardus J.P. Siegers

Leonardus J.P. Siegers ditunjuk sebagai staf khusus Iwan Bule sebagai Ketum PSSI. Dia adalah purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.

Lulusan Akmil 1978 nantinya akan bertugas memberi masukan kepada Iwan Bule demi memperkuat sepakbola nasional. Dia pernah menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan sejak 2010 hingga 2011.

Dalam laman resmi PSSI ditulis latar belakang Leo dalam sepakbola. Dia disebut pernah memperkuat PSM Makassar di era 1970-an dan aktif di PS TNI.

5. Andogo Wiradi

Andogo Wiradi akan bertugas sebagai stafsus Ketum PSSI, Iwan Bule. Pangkat terakhirnya di militer adalah Mayor Jenderal. 

Lulusan AKmil 1981 itu pernah menjadi Kasdam I/Bukit Barisan. Lalu menjadi Staf Khusus Panglima TNI, dan Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Geografi Lemhannas RI.

Andogo pernah juga menjabat Deputi V Bidang Analisis Data & Informasi Strategis Kantor Staf Presiden (KSP) di masa Luhut Binsar Panjaitan menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya