Piala AFF Tak Ditunda, Sudah Siap Timnas Indonesia?

INDONESIA VS MALAYSIA KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pademi virus Corona COVID-19 tak membuat gelaran Piala AFF 2020 ditunda. Turnamen negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu akan berlangsung sesuai jadwal yaitu pada 23 November-31 Desember 2020.

Awalnya, ada keraguan bahwa Piala AFF berlangsung sesuai rencana. Pasalnya, COVID-19 sudah meluluhlantakkan hampir seluruh aspek di dunia, termasuk sepakbola.

Indonesia vs Thailand Kualifikasi Piala Dunia 2022

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Baca Juga: Keren, Pendapatan Ronaldo dari Instagram Kalahkan Model Seksi Amerika

Berbagai kompetisi harus ditunda karena kengerian COVID-19. Dari Olimpiade, Premier League, Liga Champions, Piala Eropa, sampai kompetisi domestik negara Eropa pun ditunda.

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Namun, pihak AFF mengungkapkan kabar baik. Mereka yakin turnamen edisi ini tak akan tertunda karena COVID-19. Hal itu diperkuat setelah AFF memperpanjang kemitraan dengan sponsor utama turnamen yakni Suzuki dan juga sudah mengumumkan hak penyiaran eksklusif kepada media-media di ASEAN.

"Piala AFF tetap sesuai jadwal yang kami tetapkan. Semua perencanaan kami sudah berlanjut ke arah tersebut," kata juru bicara AFF, dikutip The Straits Times.

Seperti kompetisi-kompetisi yang telah bergulir kembali, AFF bakal menerapkan protokol kesehatan. Kemungkinan besar, laga nanti akan digelar tanpa penonton. 

"Keselamatan tetap menjadi perhatian utama kami, termasuk pemain dan fans. Kami tengah berkonsultasi dengan anggota asosiasi (AFF) dan pejabat terkait untuk menyukseskan gelaran ini," sambungnya.

Lantas, sudah sampai mana kesiapan Timnas Indonesia? Piala AFF 2020 menjadi kesempatan kesekian kalinya untuk Indonesia menyudahi puasa gelar. Ya, Indonesia sampai saat ini masih di bawah Thailand, Malaysia, Singapura, bahkan Vietnam di turnamen ini. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sebab, Indonesia sampai saat ini belum pernah merasakan gelar juara. Prestasi terbaik skuad Garuda adalah lima kali menjadi runner-up Piala AFF. 

Piala AFF 2020 juga menjadi pembuktian bagi manajer pelatih Shin Tae-yong. Nama besarnya sebagai pelatih yang menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu akan di pertaruhkan dalam ajang ini.

Namun masalahnya, pandemi Corona membuat rencana Tae-yong dan PSSI berantakan, Liga 1 2020 yang sudah dirancang baik-baik untuk persiapan Piala AFF ini harus ditangguhkan.

Tentunya sulit bagi Tae-yong menghadapi situasi ini. Pasalnya, Liga 1 kemungkinan baru akan bergulir lagi pada September. Artinya, Tae-yong hanya memiliki waktu dua bulan untuk mencari pemain dan mempersiapkan timnya.

Baca Juga:

Liverpool Tak Sanggup, Chelsea Siap Bayar Rp962 Miliar untuk Werner

10 Petinju Terhebat Sepanjang Masa, Tyson dan Holyfield Tak Dianggap

5 Bukti Keganasan Mike Tyson, Diungkap Korbannya


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya