Dongkrak Ranking FIFA, Timnas Indonesia Senior Jadi Perhatian Serius

Timnas Indonesia saat menjalani pemusatan latihan
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Posisi Indonesia dalam ranking FIFA saat ini betul-betul memprihatinkan. Berada di urutan 173, jarak ketertinggalan dari dua negar tetangga, Singapura dan Malaysia begitu jauh.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Singapura sekarang ini menempati urutan ke-157 ranking FIFA. Tiga tingkat di atasnya ada Malaysia yang sudah mengumpulkan 1040 poin.

(Baca juga: Indra Sjafri Setor Program Timnas Indonesia ke PSSI)

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

PSSI mencari cara bagaimana cara mendongkrak posisi Indonesia di ranking FIFA. Yang paling dekat, Timnas Indonesia harus bisa maksimal di tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Skuad Garuda harus bisa memutus rantai kekalahan lima kali secara beruntun yang didapatkan sebelumnya.

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri sudah merancang program untuk Timnas Indonesia. Dia memaparkan semuanya kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawa dan jajaran.

"Timnas Senior juga menjadi perhatian serius PSSI karena berhubungan dengan ranking FIFA," kata Indra, dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa 9 Juni 2020.

(Baca juga: Korea Selatan dan Malaysia Ancam Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia)

Dengan target mendongkrak ranking FIFA, Indra tidak menyarankan Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan jangka pendek. Apalagi sekarang sedang pandemi virus corona, sehingga izin keluar-masuk para pemain menjadi sulit.

"Pemusatan latihan jangka pendek tidak dianjurkan karena alasan kesehatan dan izin keluar masuk pemain," imbuh mantan pelatih Timnas U-23 itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya