Asosiasi Pelatih Indonesia Bongkar Borok Shin Tae-yong

Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia, Yeyen Tumena
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena membuka borok Shin Tae-yong yang pernah menyingkirkan Danurwindo sebagai Direktur Teknik PSSI. Tanpa ragu dia menyebut juru taktik asal Korea Selatan itu sulit percaya kepada orang asing.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Yeyen menganggap sejak awal kedatangannya, Tae-yong sudah tidak menunjukkan itikad baik. Tapi, sikapnya juga aneh karena kerap berubah-ubah.

"Saya melihat dari sisi etika, sejak awal kedatangan STY sudah tidak baik. Mungkin dia tipe pria yang sulit percaya pada orang asing di luar rekan se-negara," kata Yeyen dalam keterangan tertulisnya. 

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

"Begitu datang, STY menyingkirkan Danurwindo dari Dirtek PSSI. Tapi, tiga hari kemudian duduk lagi bersama Danurwindo untuk membicarakan programnya. Terlihat tidak elok," imbuhnya.

Danurwindo sebagai salah satu pelatih senior di Indonesia memang lama menjabat sebagai Dirtek PSSI. Dia lalu digantikan oleh Indra Sjafri yang kini berpolemik dengan Tae-yong.

Rafael Struick Mengerikan, Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Korsel di Babak I

Belakangan Tae-yong bersikap lantang dalam mengkritik PSSI. Dia membuka semua keluhannya saat wawancara dengan media massa Korea Selatan.

Menurut Yeyen, sikap tersebut tidak elok. Padahal Tae-yong bekerja untuk PSSI, dan sudah seharusnya tidak banyak bicara di luar.

"Tak sebaiknya STY mengumbar emosi lewat media massa, ingat, saat ini dia bekerja untuk PSSI. Ada etika bekerja antara pemberi kerja dan penerima kerja," tutur Yeyen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya