5 Fakta Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia 

Shayne Pattynama
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Pemilik nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama belakangan ini tengah menjadi buah bibir seluruh kalangan masyarakat. Pasalnya, ia bakal menjadi pemain naturalisasi untuk bergabung di Timnas Indonesia.

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Ya, pemain berkebangsaan Belanda ini akan menjalani berbagai proses naturalisasi demi membela timnas Indonesia. Itu artinya, Timnas Indonesia kembali akan mendapatkan tim baru untuk memperkuat semangat dan pertahanannya dalam beberapa ajang pertandingan yang akan diadakan mendatang.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Shayne Pattynama rupanya telah bersedia dan akan segera datang ke Jakarta pekan depan. Tentu saja ini menjadi kabar menarik bagi Timnas Indonesia.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

“Shayne (Pattynama) sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Atas arahan Ketua Umum, PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai," ujar Yunus dilansir dari laman resmi PSSI, pada Kamis (26/5).

Bergabungnya Shayne Pattynama berarti menyusul Sandi Walsh dan Jordi Amat yang sebelumnya lebih dulu bergabung ke Timnas Indonesia dan melakukan naturalisasi. Sebelumnya, bergabungnya Jordi dan Sandy bisa dibilang menjadi salah satu startegi PSSI memperkuat Timnas Indonesia di kancah internasional kelak, salah satunya kualifikasi Piala Asia 2023. 

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Nantinya dalam menjalani proses naturalisasi pria berkebangsaan Belanda ini akan mendapatkan banyak kemudahan dari pemerintah Indonesia, dalam hal ini khususnya Kemenpora dan Kemenkumham. 

"Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham sangat membantu semua proses ini. Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi," tambahnya.

Sambil menunggu kedatangan Shayne Pattynama bertandang ke Indonesia, ada baiknya kalian ketahui beberapa fakta Shayne Pattynama, pemain yang bakal melakukan proses Naturalisasi Timnas Indonesia. Penasaran kan?Simak beberapa di antaranya berikut ini;

1. Karier Syahne Pattynama

Sedikit tentang karier Syahne Pattynama, ternyata pria yang akan dinaturalisasi ke Timnas Indonesia ini merupakan seorang pemain muda berwajah tampan dengan segudang prestasi.

Berawal karier sebagai sepak bola ketika bergabung ke sekolah sepak bola Lelysta67. Kemudian, di situ ia menunjukkan bakatnya yang mumpuni. Dari situ bakatnya pun terpantau oleh pihak pemandu bakat klub sepak bola Ajax Amsterdam.

Nah, setelah itu Shayne pun akhirnya memutuskan bergabung dengan tim muda Ajax selama 3 tahun lamanya. Kemudian, saat bersama tim muda Ajax Amsterdam, Shayne kurang begitu menunjukkan kepiawaiannya hingga perkembangannya. Lantas, ia pun pindah ke tim klub Eredivisie, FC Utrech.

Di situpun, Shayne tidak diberi peluang untuk mempromosikan dirinya ke tim senior hingga akhirnya dia memutus untuk hijrah ke Telstar yang pada saat itu bermain di Liga 2 Belanda.

2. Perbincangan Hangat Indonesia

Pemain berkebangsaan Belanda ini  akhir-akhir ini tengah menjadi perbincangan hangat di jaga media sosial. Pasalnya pemilik nama lengkap  Shayne Elian Jay Pattynama ini dikatakan akan sebagai calon kuat pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

3. Telstar dan Viking FK

Kepiawaiannya dalam bermain sepak bola membuat nama SHayne Pattynama berhasil mencetak hasil yang baik saat berada di Telstar. Dia pun berhasil dalam 45 pertandingan dan mencetak 5 gol untuk timnya.

Dengan kesuksesannya itu, membuat Telstar menggiring Shayne ke klub Norwegia. Shayne Pattynama pun akhirnya bermain ke Viking FK di Liga Norwegia. Pada saat itu Shayne Pattynama sudah tercatat sebagai pemain berposisi sebelah kiri.

Menurut data dari Transfermarker, nilai Shayne Pattynama saat pindah ke FK Viking mencapai Rp5,6 miliar. Hal tersebut mengutip dari laman Transfermarker, di mana Shayne mendapatk kepercayaan luar biasa dengan bisa bermain sebanyak 9 kali dengan durasi waktu 543 menit. Dia menempati posisi bek kiri.

4. Orangtua Lahir di Semarang dan Merupakan Penduduk Asli

Selain fakta tentang kelihaiannya dalam bermain bola, mari kita sedikit keluar dari itu. Ternyata orangtua Shayne Pattynama yakni sang ayah merupakan orang Indonesia asli. Itu artinya, Shayne merupakan keturunan campuran.

5. Mempunya Naluri sebagai Pemain Bertahan

Sebagai seorang pemain bola yang biasa bermain di bek atau posisi sebelah kiri, Shayne diakui lebih mampu dan fokus untuk menjaga daerah pertahanan, namun kurang bisa diandalkan untuk melakukan serangan di posisi sayap.

Namun, hebatnya adalah Shayne bisa menjadi gelandang bertahan, di mana ia bisa menjadi tembok pertahanan yang kuat untuk barisan belakang Tim Garuda. Pasalnya, postur tubuh dari pemuda tampan asal Belanda ini adalah 180 cm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya