5 Fakta Jordi Amat, Pemain Berdarah Makassar Siap Dinaturalisasi

Jordi Amat saat memperkuat Swansea City berduel dengan Wayne Rooney
Sumber :
  • AS

VIVA Bola – Nama Jordi Amat semakin banyak diperbincangkan setelah kabar mengenai naturalisasinya kian berhembus.

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23

Diberitakan sebelumnya, Jordi Amat mengaku sangat berharap proses naturalisasinya segera selesai dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Datangnya Jordi Amat tentu akan memberikan suntikan semangat dan kekuatan di lini belakang bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, dirinya sudah memiliki banyak pengalaman di kompetisi Eropa.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Namun sampai sekarang kabar naturalisasi itu masih belum terealisasi. Nah, sebelum membahas lebih jauh terkait naturalisasi Jordi Amat, ada baiknya kita membahas fakta pemain berusia 30 tahun itu, mengutip beberapa sumber, berikut 5 fakta Jordi Amat

5 Fakta Jordi Amat

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat

Photo :
  • Jordi Amat / instagram

1. Memiliki banyak pengalaman di Eropa

Jordi Amat merupakan sosok pemain berpengalaman yang pernah membela klub-klub Eropa. Tercatat pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu pernah membela Espanyol, Rayo Vallecano dan Real Betis di kompetisi Liga Spanyol. Tidak hanya itu ia juga pernah membela Swansea City di Liga Inggris dan KAS Eupen di Liga Belgia.

Espanyol 2009-2012

Rayo Vallecano 2012-2013 dan 2018-2019

Swansea City 2013-2019

KAS Eupen 2020-2022

2. Pernah kalahkan Manchester United di Old Trafford

Ketika membela Swansea City, Jordi Amat dan rekan setimnya berhasil mempermalukan Manchester United di hadapan publiknya sendiri. Pada laga yang berlangsung tanggal 16 Agustus 2014 itu MU harus menelan kekalahan 1-2 dari Swansea.

Jordi Amat saat memperkuat Swansea City berduel dengan Wayne Rooney

Photo :
  • AS

3. Pernah dihargai sebesar 86 miliar

Data dari Transfermarkt menyebutkan pada usianya yang ke-26 di tahun 2018 lalu Jordi Amat pernah menyentuh harga penawaran hingga 86 miliar, saat itu dirinya tengah membela Swansea City.

4. Pernah dilatih oleh pelatih top Eropa

Sebagai seorang pemain yang telah membela klub-klub Eropa tentu Jordi Amat pernah merasakan ramuan tangan dingin platih-platih top Eropa. Diantaranya Amat pernah merasakan racikan strategi yang diberikan oleh Mauricio Pochettino ketika di Espanyol.

Tidak hanya itu, ia juga tercatat pernah dilatih oleh Luis Milla saat membela Timnas Spanyol U-21, tentunya catatan ini yang menarik Shin Tae-yong untuk segera bergabung ke Timnas Indonesia.

5. Memiliki garis keturunan Indonesia

Diketahui Jordi Amat memiliki garis keturunan Indonesia dari Sang Nenek yang berasal dari Makassar, Indonesia. Dirinya mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan sebuah media Internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya