Balai Pengajian Muhammadiyah di Bireun Aceh Dibakar OTK

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • TvOne/Mohamad Akasah

VIVA Nasional – Balai pengajian milik pengurus Muhammadiyah Kabupaten Bireuen, Aceh di Desa Sangso, Kecamatan Samalanga dibakar oleh orang tak dikenal, pada Selasa, 30 Mei 2023.

Polisi Sudah Cek Urine Sopir Bus Rosalia Indah, Ini Hasilnya

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, A Malik Musa membenarkan peristiwa itu. Kata dia saat ini pihaknya sudah melaporkan kasus itu ke pihak kepolisian agar pelaku bisa ditangkap.

Malik Musa menduga, sebelum kejadian pihaknya mendapat penolakan dari warga terkait hendak dibangunnya Masjid Taqwa Muhammadiyah di wilayah itu.

Baku Tembak Terjadi di Philadelphia AS, Polisi Tahan 5 Orang

Setelah melakukan pertemuan dengan tokoh agama setempat dan mendapat arahan dari Prof Muhajir, mereka mengurungkan niat untuk membangun masjid. Hanya mereka berinisiatif untuk membangun musala.

Namun, setelah terbangunnya tempat wudhu dan wc musala, lantas balai pengajian di area itu dibakar oleh OTK.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

“Setelah di buat tempat wudhu dan wc, tadi subuh di bakar balai tua tempat singgahan jika orang-orang datang ke lokasi tersebut,” ujar Malik Musa kepada wartawan, Rabu, 31 Mei 2023.

Malik Musa menilai perilaku pembakaran balai pengajian itu sengaja dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk momentum politik menjelang 2024.

Ia berharap pihak kepolisian bisa mengungkap motif pelaku yang nekat membakar balai pengajian milik Muhammadiyah. Sebab, peristiwa ini sudah berulang kali terjadi.

“Solusi sekarang dan ujian berat bagi polisi harus dapat orang yang membakar tersebut, karena kejadian ini sudah berulang kali, kalau sudah dapat orangnya sudah bisa kita urai benang kusut selama ini,” ujarnya.

Ia mengimbau semua warga untuk menahan diri dan tidak terpancing oleh provokator yang ingin memperkeruh suasana kehidupan beragama di Kabupaten Bireuen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya