Lisensi FIFA Wasit INA-Galaxy Dipertanyakan

L.A Galaxy Vs Tim Nasional Selection
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wasit Jimmy Napitupulu mempertanyakan keputusan PSSI yang memberikan mandat kepada wasit Faulur Rosy untuk memimpin laga persahabatan antara Indonesia Selection menghadapi LA Galaxy di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu, 30 November 2011.

Menurut Jimmy, Rosy yang memimpin laga itu adalah wasit yang tidak dinyatakan lulus dari ujian wasit Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) pada Juni 2010 lalu. Namun, PSSI justru menunjuk Rosy untuk memimpin laga persahabatan internasional.

"Dia (Faulur Rosy) tidak lulus saat di tes oleh FIFA. Dia saat itu dites di Thailand. Bukan hanya Rosy yang tidak lulus, tapi juga Rettu Slamet Wijaya. Dua-duanya tidak lulus," kata Jimmy kepada VIVAnews.com, Kamis, 1 Desember 2011.

Jimmy mengaku mendapatkan informasi tidak lulusnya yuniornya itu saat mengikuti pelatihan wasit di Shanghai pada Agustus tahun 2011. Di sela-sela latihan, Jimmy bertemu dengan tiga perwakilan FIFA yang menjadi instruktur kawasan Asia dalam pemilihan wasit FIFA.

"Jimmy, kalau dari Indonesia belum ada yang mampu, jangan dikirim. Ini sudah tiga tahun gagal terus dari Indonesia," terang Jimmy menirukan perwakilan FIFA.

Ketiga perwakilan FIFA itu salah satunya adalah Shamsul Maidin, wasit asal Singapura. "Wasit dari Indonesia banyak yang tidak tahu bahasa Inggris," ujar Jimmy.

Menurut Jimmy, saat ini Indonesia hanya mempunyai beberapa wasit yang telah diakui oleh FIFA. Diantaranya adalah Jimmy Napitupulu, Setiyono, dan Ocky Dwi Putra. Sayang, nama Jimmy kini sudah dipensiunkan oleh PSSI.

Lalu apa tanggapan PSSI?

"Belum Jelas, lagi menunggu konfirmasi," kata Komite wasit PSSI, Umuh Muchtar melalui Short Message Service-nya.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016