PSSI Segera Sikapi Rencana KLB

Kantor PSSI di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Rencana Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 6 Maret 2012 segera ditanggapi PSSI. Menurut Wakil Komisi Disiplin (Komdis PSSI), Catur Agus Saptono, dalam waktu dekat PSSI akan menggelar pertemuan Komite Eksekutif untuk mengambil sikap atas gejolak tersebut.

"Dalam waktu dekat akan ada sikap dari PSSI. Akan ada rapat Exco (Komite Eksekutif) untuk menyikapi keadaan ini. Mereka tidak bisa sesuka-suka mereka. Semua ada mekanismenya," ujar Catur saat dihubungi VIVAnews, Kamis 29 Desember 2011.

Catur mengatakan, jika merujuk pada Statuta, seharusya usulan menggelar KLB yang disampaikan lebih dari 2/3 anggota tersebut tidak seperti saat ini. Exco PSSI seharusnya memiliki waktu 3 bulan untuk mempertimbangkan usulan. Sementara yang terjadi, menurut Catur, Exco hanya diberi batas waktu hanya 3 hari.

"Menurut Statuta, seharusnya Exco PSSI mempunyai waktu 3 bulan untuk mempertimbangkan. Bukan 3 hari seperti maunya mereka. Saya yakin ini akan mendapat tanggapan keras dari Exco PSSI. Kita tunggu saja," ujar Catur.

Menanggapi persoalan serupa, Direktur Legal PSSI, Rudy Trinandya mengatakan, rencana anggota PSSI untuk menyelenggarakan sendiri KLB merupakan hak mereka. Akan tetapi Rudy mengingatkan, langkah sepihak menggagas KLB tidak mungkin dapat dengan cepat menyelesaikan persoalan yang terjadi.

"Biarkan saja, itu hak mereka. Hanya saja perlu diketahui prosesnya nanti tidak segampang itu. Ada mekanisme dan tahapan yang harus dilalui. Tidak bisa berjalan sendiri," ujar Rudy.

Seperti diketahui, KPSI memutuskan untuk segera menggelar KLB setelah menyatakan diri mengambil alih mandat kepengurusan PSSI. Rencananya, KLB tersebut akan digelar pada 6 Maret 2012 di Surabaya, Jawa Timur.

Ketua KPSI, Tony Apriliani mengatakan, pihaknya segera menjalankan roda organisasi setelah diberikan amanat dan mandat lebih dari 2/3 anggota PSSI. Sebanyak 452 dari total 583 anggota PSSI baik dari klub maupun pengurus daerah sepakat untuk mencabut mandat kepengurusan PSSI di bawah Djohar Arifin Husin. (eh)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016