Wim: Jangan Berharap Timnas Berkualitas

Latihan Perdana Timnas Bersama Wim Rijsbergen
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pelatih Timnas Indonesia, Wim Rijsbergen mengaku kesulitan untuk mempersiapkan timnas senior jelang pertandingan lawan Bahrain, 29 Februari 2012. Dualisme kompetisi menjadi kendala baginya dalam mencari pemain-pemain berkualitas.

"Saya tidak mau bicara tentang timnas senior. Masih banyak yang harus dipersiapkan. Untuk saat ini mereka tidak terlalu teratur," kata Wim di sela-sela seleksi timnas U-17 di lapangan timnas, Senayan, Jakarta, Jumat, 6 Januari 2012.

"Ini akibat kami tidak bisa bebas memilih pemain. Ada liga yang memungkinkan memainkan pemain, ada juga liga lain yang dilarang oleh FIFA," lanjut pelatih asal Belanda tersebut.

Menurut Wim ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam menyusun kekuatan timnas senior pasca dualisme kompetisi. Pasalnya, PSSI tidak mengizinkan pemain-pemain yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) untuk memperkuat tim nasional.

Tahapan pertama yang akan dilalui adalah menyaring pemain-pemain Indonesian Primer League (IPL) musim 2011-12. "Terlebih dulu kami harus membentuk sekumpulan pemain dari kompetisi yang berisikan 12 klub," kata Wim.

"Setelah itu kami akan mencoba  melakukan seleksi untuk pertandingan FIFA berikutnya. Saya akui, untuk saat ini masih belum terlalu terorganisir," lanjut mantan pelatih PSM itu.

Menurut Wim, tak hanya soal keterbatasan memilih skuad, jajaran kepelatihan timnas juga disulitkan persoalan minimnya agenda kompetisi. Meski liga sudah bergulir, namun Wim Rijsbergen masih menilai hal itu belum sesuai dengan yang diharapkan.

"Hal yang sama juga berlaku untuk tim remaja (U-23). Harusnya, mereka mendapatkan kompetisi yang bagus agar bisa bermain setiap pekan. Hal ini akan lebih memudahkan kami memantau dan melihat perkembangan mereka. Kami tahu bahwa dari Juli hingga November tidak ada kompetisi," papar Wim.

"Kesulitan seperti ini juga dirasakan untuk timnas senior. Saya rasa ini adalah satu-satunya tempat di dunia yang pada periode tersebut tidak terdapat kompetisi. Karena itu tentu saja Anda jangan mengharapkan kualitas timnas bisa bagus," tutup Wim.

Peluang timnas senior untuk melewati babak penyisihan grup E Pra Piala Dunia 2014 saat ini sudah tertutup. Meski demikian, Tim Merah Putih masih menyisakan beberapa pertandingan lagi, termasuk lawan tuan rumah Bahrain, pada 29 Februari mendatang. (umi)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016