Mantan Pemain Timnas Protes Komposisi U-17

Timnas U-17
Sumber :
  • Badan Tim Nasional (BTN)

VIVAnews - Orang tua pemain yang ikut dalam seleksi timnas U-17, Noah Mariem memprotes penunjukan 18 nama yang mewakili Indonesia pada International Youth Football Invitation Tournament di Hongkong, 27-29 Januari 2012. Noah menuding ada kejanggalan dalam sistem seleksi yang telah dilakukan PSSI.

Noah pagi tadi mendatangi kantor PSSI di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Mantan pemain nasional itu menemui koordinator timnas, Bob Hippy untuk menyampaikan protesnya terhadap penunjukan 18 pemain yang masuk timnas U-17.

"Saya sudah bertemu dengan Pak Bob (Hippy), namun dia juga tidak bisa menjelaskan alasannya kepada saya," kata Noah kepada wartawan di kantor PSSI, Selasa, 24 Januari 2012. "PSSI selama ini bilang ingin timnas yang lebih maju, tapi sekarang kenapa sistemnya masih seperti ini," lanjut mantan pemain Pelita itu.

Noah mengaku kecewa setelah melihat daftar pemain yang bertolak ke Hongkong. Menurutnya, ada satu pemain, yakni Iner Sentani yang tidak layak masuk dalam skuad Timnas U-17. Noah mencurgai bahwa seleksi pemain yang dilakukan selama ini tidak netral.

"Awalnya jumlah pemain yang lolos seleksi tahap kedua itu hanya 25, namun belakangan diubah menjadi 26 agar pemain ini bisa lolos. Dia ini (Iner) tidak lolos dalam seleksi 25 pemain, tapi sekarang malah ikut berangkat ke Hongkong," kata Noah.

Noah sendiri tidak mempermasalahkan anaknya yang tidak lolos ke Hongkong. Namun dia berharap agar seleksi bagi pemain yang ingin masuk timnas berjalan netral. "Jangan lagi posisi lowong justru diisi oleh pemain yang tidak lolos seleksi," katanya.

Koordinator timnas, Bob Hippy saat dihubungi VIVAnews belum bersedia memberikan komentar mengenai tudingan Noah. "Saya masih rapat, nanti saja dihubungi lagi," kata Bob singkat.

Sebelumnya Bob kepada wartawan di PSSI mengatakan bahwa pemilihan pemain adalah wewenang pelatih. Sebab menurutnya, pelatih yang paling tahu apa yang dibutuhkan timnya saat ini.

"Itu adalah hak pelatih. Beberapa pelatih memang menyarankan agar pemain yang dibawa adalah pemain yang bisa bermain di beberapa posisi karena tim akan bermain tiap hari mulai 27-29 Januari. Karena itulah, pelatih mengubah komposisi," kata Bob.

Timnas U-17 sendiri telah bertolak ke Hongkong pagi tadi. Garuda Muda diberangkatkan oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin. Pada turnamen invitasi ini, Indonesia akan bertemu dengan tiga negara, yakni Singapura, Malaysia, dan Hongkong.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016