Sekjen KPSI Yakin Keputusan CAS Tak Berubah

Konferensi Pers Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Sekjen Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI), Hinca Panjaitan, yakin keputusan final Court Arbitration of Sport (CAS) terhadap gugatan Persipura Jayapura tidak akan berubah dari keputusan sela yang mereka keluarkan pada 1 Februari lalu.

CAS mengeluarkan keputusan sela untuk mengabulkan gugatan Persipura terhadap PSSI mengenai keikutsertaan mereka di ajang Liga Champions Asia (LCA). Dalam keputusannya, CAS mengizinkan Persipura tampil di babak playoff LCA melawan Adelaide, 11 Februari mendatang.

CAS akan mengeluarkan keputusan final pada 10 Februari mendatang, dan Hinca yakin keputusan final CAS nantinya tidak akan berbeda dengan keputusan sela yang telah dikeluarkan.

"Keputusan sela ini dikeluarkan karena sidang CAS tak tahu akan selesai kapan, sedangkan pertandingan play-off sudah ditentukan jadwalnya. Putusan sela ini tak akan ada perubahan apa pun. Hakim di CAS sudah terbukti, tak ada yang menerima suap," ujar Hinca dalam jumpa pers di Hotel Sahid, Sabtu 4 Februari 2012.

"Keputusan CAS jelas tak bisa ditarik kembali. Buktinya AFC langsung mengirimkan formulir keikutsertaan Persipura di LCA melalui PSSI. Yang belum dikabulkan CAS adalah mengenai tuntutan ganti rugi," sambung Hinca.

Seperti diketahui, Persipura menggugat PSSI, AFC dan Adelaide United ke CAS. Hal itu dilakukan setelah Boaz Salossa dan kawan-kawan tak didaftarkan PSSI untuk mengikuti LCA. Dalam gugatannya, 29 Desember 2011 lalu, pihak Persipura menuntut ganti rugi uang sekitar Rp20 miliar dan hak untuk berpartisipasi di LCA.

AFC sendiri telah mengirimkan formulir keikutsertaan Persipura di ajang LCA melalui PSSI. Hal itu dilakukan AFC setelah menerima keputusan sela CAS. PSSI, AFC dan Adelaide memiliki waktu hingga 6 Februari untuk merespon keputusan sela CAS.

"Ketiga pihak tergugat, sudah diberikan kesempatan menjawab sampai tanggal 3 Februari. Namun PSSI gagal dan tidak memberikan tanggapan. CAS masih memberikan kesempatan PSSI untuk merespon secara keseluruhan hingga 6 Februari," papar Hinca.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016