Patrick Mbaya Wakili PSSI di Sidang CAS

Kantor PSSI Dijaga Satgas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Pengacara asal Belgia, Patrick Mbaya ditunjuk sebagai kuasa hukum PSSI untuk menghadapi gugatan Persipura Jayapura di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). PSSI menganggap Mbaya cukup berpengalaman dalam menangani kasus yang dihadapi PSSI saat ini.

"Dia cukup kuat untuk re-open case. Kami cukup puas dengan kerjanya," kata Direktur Legal PSSI, Finantha Rudy, mengenai penunjukan Patrick Mbaya sebagai kuasa hukum PSSI di CAS.

Mbaya bukanlah sosok yang baru dalam 'kisruh' sepak bola Indonesia. Sebelumnya, Mbaya juga pernah menjadi kuasa hukum Arifin Panigoro dan George Toisutta saat mengajukan gugatan ke CAS karena dilarang ikut pemilihan oleh FIFA tahun lalu.

Keduanya dilarang maju pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Solo, 9 Juli lalu. Sayang gugatan AP dan GT dimentahkan CAS dengan alasan tidak memiliki yuridiksi menangani kasus bernomor TAS 2011/A/2438. Kelompok 78 sempat mengajukan gugatan ulang, namun hingga KLB berlangsung, CAS tidak juga merespon gugatan itu.

Dalam kasus Persipura, CAS telah mengeluarkan keputusan sela yang memenangkan pihak tergugat. CAS mempersilahkan Persipura untuk tampil di play off Liga Champions Asia (LCA) 2012. CAS memberikan kesempatan bagi tergugat, yakni PSSI, AFC, dan tim Adelaide United untuk memberikan keterangan paling lambat 6 Februaro 2012.

Mengenai hal ini, Rudi mengatakan bahwa putusan sela yang dikeluarkan CAS beberapa waktu lalu belum bersifat final. Dia juga menegaskan bahwa proses peradilan tidak dipercepat karena CAS harus mendengarkan pihak tergugat, AFC, PSSI, dan Adelaide.

"Awalnya, mereka mendapat kabar dari CAS pemeriksaan dipercepat. Kemungkinan dalam waktu dekat akan ada surat proses itu tidak dipercepat, tetapi proses normal," ujar Rudi.

"Saya dapat informasi dari lawyer Adelaide dan PSSI bahwa permintaan keberatan dari Adelaide kepada CAS mengenai proses percepatan persidangan ditolak. Itu inti yang kami terima sebagai salah satu tanggapan prosesnya dicabut dan kembali ke prosedur awal yakni pemeriksaan normal," lanjut Rudi.

Pada kesempatan yang sama, Rudi kembali mengatakan kalau PSSI tidak pernah melarang Persipura ikut LCA. Menurutnya, Persipura boleh tampil asalkan bermain di bawah kompetisi resmi PSSI.

"Boleh Persipura main. Syaratnya, mereka mengikuti IPL. Itu syarat yang kami ajukan ke CAS. Kami tidak pernah menghalangi mereka bermain di LCA sepanjang main di kompetisi resmi PSSI," ujar Rudi di kantor PSSI, Rabu, 7 Februari 2012.

Menurutnya, PSSI juga hanya memberitahukan kepada AFC, bahwa Persipura bermain di luar kompetisi resmi. Kemudian dalam regulasi kompetisi LCA, PSSI hanya menominasikan nama-nama klub yang bermain."Kewenangan yang memilih dari AFC dan harusnya setahu saya sifatnya final, tidak ada banding," katanya. (adi)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016