Playoff Piala Asia U-22

PSSI Tetap Usulkan Jakarta Jadi Tuan Rumah

Djohar Arifin
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAbola - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin mengatakan, pihaknya bakal mengusulkan Jakarta sebagai venue digelarnya laga Grup E playoff Piala Asia yang bakal digelar 23 Juni-3 Juli 2012.

Sebetulnya, langkah PSSI menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah babak playoff Grup E Piala Asia U-22 itu masih terkendala persoalan stadion. Salah satu persyaratan menjadi tuan rumah harus bisa menyediakan dua stadion, dan minimal tiga lapangan untuk latihan. Sementara di Jakarta sendiri kini hanya menyisakan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, setelah Stadion Lebak Bulus rencananya akan digusur.

"Rapat Exco menyimpulkan soal kesiapan kami sebagai calon tuan rumah babak playoff Piala Asia U-22. Tempatnya kami minta di Jakarta. Karena syaratnya harus ada dua stadion, nanti kami lihat apakah Stadion Lebak Bulus masih bisa dipakai atau tidak saat itu. Jika tidak, satu stadion lainnya kami akan pakai di Bandung," ujar Djohar di Hotel Crown, Sabtu 18 Februari 2012 dinihari tadi.

Menurutnya, persiapan sebagai negara tuan rumah langsung digarap. Tidak hanya soal penyelenggaraan, PSSI juga mengaku telah menyiapkan skuad timnas awal yang bakal diterjunkan untuk ajang tersebut.

Djohar mengatakan, materi skuad timnas U-21 yang bakal bertolak mengikuti turnamen Sultan Hasanal Bolqiah, yang digelar 27 Februari 2012 di Brunei Darussalam bakal menjadi skuad utama timnas U-22 yang diproyeksikan untuk event tersebut.

"Untuk tim yang akan berlaga di playoff Piala Asia U-22, kami siapkan timnas U-21 yang akan ke Brunei. Pelatihnya akan tetap sama, kami masih mengandalkan Widodo C Putro. Memang nantinya akan ada penambahan pemain lagi. Widodo mengatakan masih belum puas dengan materi tim saat ini, sehingga bisa jadi akan ada tambahan pemain baru," papar Djohar.

Dalam ajang babak playoff Piala Asia U-22 tersebut, Indonesia berada di Grup E bersama Australia, Jepang, Singapura, Makau, dan Timor Leste. Gelaran Piala Asia U-22 sendiri merupakan turnamen antar negara Asia yang baru pertama kali digulirkan AFC untuk tingkatan kelompok umur di bawah 22 tahun.

Piala Asia U-22 sendiri baru akan digelar Juni tahun 2013 mendatang. Sementara babak playoff atau penyisihan grup akan serentak digelar 23 Juni-3 Juli 2012. Berada satu grup dengan dua negara raksasa sepakbola Asia, Australia dan Jepang, langkah Garuda Muda untuk bisa tembus Piala Asia 2013 dipastikan bakal berat. Untuk bisa berlaga di ajang Piala Asia U-22, Indonesia setidaknya harus bisa menempati dua peringkat teratas grup E.

Dalam kualifilkasi Piala Asia U-22 tersebut, sebanyak 41 negara dipastikan ikut berpartisipasi. AFC membagi negara-negara tersebut ke dalam tujuh grup (Grup A-G), dalam dua wilayah. Wilayah Barat terdiri dari 23 negara, dan Wilayah Timur berisikan 18 negara.

Setiap grup rata-rata berisikan enam negara peserta, dan hanya satu grup yang berisikan lima negara. Untuk bisa lolos kualifikasi, para peserta akan menjalani pertandingan babak kualifikasi dengan format satu putaran. (ren)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016