KPSI Undang Sebagian Klub IPL Hadiri KLB

Fortune Udo (Persiba/merah)
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Regina Safri

VIVAbola - Ketua Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI), Tony Aprilian menyatakan bahwa peserta Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar di Jakarta, 18 Maret mengikuti komposisi peserta Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Solo, Juli 2011. Dengan demikian, pihaknya akan tetap mengundang beberapa klub anggota PSSI yang kini berlaga di Indonesian Premier League (IPL).

Menurut Tony, setidaknya ada enam klub IPL yang saat ini masih tercatat sebagai anggota resmi PSSI. Mereka adalah Persijap Jepara, Semen Padang, Bontang FC, PSM Makassar, Persiraja Banda Aceh, dan persiba Bantul. Sedangkan Persema Malang dan Persibo Bojonegoro sudah dicabut keanggotannya pada Kongres Bali 2011.

"Ya kami akan mengundang peserta sesuai kongres luar biasa di Solo. Kami undang semua," kata Tony saat dihubungi VIVAbola, Senin, 20 Februari 2012. "Kami mengundang beberapa klub IPL karena mereka masih tercatat sebagai voters sesuai KLB Solo. Ini kan yang diminta oleh Menpora dan KONI juga," kata Tony.

KLB Solo yang digelar oleh Komite Normalisasi (KN), Juli 2011 lalu sejatinya diikuti oleh 101 pemilik suara PSSI. Namun karena Arema Indonesia memilih untuk tidak mengirimkan wakilnya, maka jumlah pemilik suara yang hadir hanya mencapai 100 anggota.

Idealnya Kongres PSSI sesuai statuta pasal 23 diikuti oleh 108 pemilik suara. Masing-masing terdiri atas, 18 klub Liga Super, 16 klub Divisi Utama, 12 klub Divisi II, 10 Klub Divisi III, dan 33 pengprov PSSI, serta 5 perwakilan asosiasi di bawah PSSI.

Saat KLB Solo, kelima asosiasi ini belum terbentuk. Sedangkan dua tim ISL, yakni Persema Malang dan Persibo Bojonegoro sudah dicabut keanggotaannya pada Kongres Tahunan PSSI di Bali, 2011.

Tony menambahkan bahwa Komite Pemilihan saat ini sedang melakukan verifikasi terhadap calon-calon yang akan bertarung pada KLB nanti. Selanjutnya, nama-nama yang dinyatakan layak untuk bertarung memperebutkan kursi di komite eksekutif (exco) PSSI akan segera diumumkan kepada publik sebelum KLB berlangsung. 

"Jika nanti sudah selesai nanti akan langsung di proses di Kongres Luar Biasa," katanya.

Sementara itu, PSSI yang dipimpin oleh Djohar Arifin Husin juga akan menggelar Kongres Tahunan pada 18 Maret 2012. Namun jumlah peserta yang akan mengikuti kongres ini mengacu pada komposisi peserta KLB Solo. PSSI telah memutuskan untuk tidak mengundang klub-klub yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016