Indonesia Pernah Raih Rekor Fantastis di HBT

Bambang Pamungkas
Sumber :
  • google

VIVAbola - Indonesia memiliki kenangan manis di ajang turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT). Pada saat pertama kali digelar tahun 2002, timnas mampu menjadi juara dengan rekor fantastis. Indonesia mencetak 17 gol dan tidak pernah kebobolan selama turnamen. Penjaga gawang timnas kala itu, Samsidar bahkan dinobatkan menjadi pemain terbaik.

Pada gelaran pertama turnamen kelompok umur yang digagas penguasa Brunei, Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaullah tersebut, Indonesia tergabung di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina. Indonesia sukses membuka penyisihan grup dengan menggulung Filipina dengan skor telak 10-0.

Keberhasilan timnas berlanjut saat mampu menekuk Vietnam 1-0. Di pertandingan ketiga, giliran Singapura yang dibekap dengan skor 2-0. Indonesia pun memastikan tiket semi final dengan poin sempurna setelah mengalahkan Thailand dengan skor tipis 1-0.

Indonesia melangkah ke semi final setelah menjadi jawara Grup A dengan poin sempurna. Langkah tersebut diikuti Thailand yang menjadi runner-up grup. Di babak semi final, Indonesia bertemu dengan Malaysia, sementara Thailand berjumpa Myanmar. Melawan Malaysia, timnas kembali berjaya. Gol tunggal Rahel Tuasalamony ke gawang Harimau Muda Malaya waktu itu, sukses mengantar Indonesia ke babak final.

Di partai puncak, timnas yang diperkuat sejumlah pemain muda berbakat seperti Samsidar, Eka Ramdani, Erik Setiawan, Bambang Pamungkas, Hamka Hamzah, Hermawan, Syamsul Chaerudin, Rahmat Afandi, Rahel Tuasalamony kembali menantang Thailand yang menang adu penalti dengan Myanmar di semifinal.

Indonesia pun mampu merengkuh Hasanah Bolkiah Trophy setelah menundukan Thailand di laga pamungkas lewat dua gol yang disumbangkan Johan Prasetyo, dan Rahel Tuasalamony.

Sayang, prestasi gemilang Indonesia di turnamen tersebut tidak bisa dipertahankan pada gelaran HBT selanjutnya. Pada gelaran HBT berikutnya di tahun 2005, Indonesia tidak lolos babak penyisihan. Berada satu grup bersama Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Filipina, Indonesia hanya mampu finish di urutan ke tiga, di bawah Thailand dan Malaysia. Thailand kemudian keluar menjadi juara setelah di partai final mengalahkan Myanmar 3-0.

Gagal menjadi juara di tahun 2005, Indonesia tidak mengirimkan wakilnya pada tahun penyelenggaraan turnamen berikutnya di tahun 2007. Tidak hanya Indonesia, di tahun tersebut, Laos juga tidak menyertakan wakilnya. Gelar juara kembali diraih Thailand setelah menang drama adu penalti dengan Myanmar. Dalam partai puncak itu, Thailand menang 5-4 atas Myanmar.

Jumat malam ini, 9 Maret 2012, Indonesia berpeluang mengulangi keberhasilan merengkuh HBT 2002 lalu. Malam ini Andik Vermansyah dan kawan-kawan akan menghadapi tuan rumah, Brunei Darussalam di laga pamungkas HBT 2012.  (RSSSF/Wikipedia/Asean Football/irb)

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini
Turis Korea lakukan tindakan tidak senonoh di Thailand

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

Turis asal Korea telah menimbulkan kontroversi di Thailand pada baru-baru ini setelah tertangkap melakukan tindakan tidak senonoh di tengah perayaan budaya, Songkran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024