Menpora Tugaskan Wakil Pemerintah Temui AFC-FIFA

Roy Suryo
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, mengutus wakilnya untuk menemui AFC dan FIFA. Lalu penjelasan apa yang akan diminta staf khusus Menpora, Eko Indrajit, kepada AFC dan FIFA.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Eko dijadwalkan bertemu dengan Presiden AFC, Zhang Jilong, di Beijing, China, Rabu 6 Februari 2013. Setelah itu, Eko akan terbang ke Zurich, Swiss, untuk menemui perwakilan FIFA pada Senin 11 Februari 2013.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Ada sejumlah penjelasan yang akan diminta Eko kepada pihak AFC dan FIFA. Menpora, Roy Suryo, menegaskan Eko akan bertanya mengenai sejauh mana langkah yang bisa dilakukan pemerintah dalam mengatasi dualisme kepengurusan sepakbola di Indonesia.


"Besok ada utusan Kemenpora menemui Presiden AFC di Beijing untuk memastikan, karena pernah ada surat FIFA ke Pemerintah pada 26 November lalu, agar pemerintah
aware
. Kita ingin pastikan
aware
itu sejauh mana?" ujar Roy dalam kunjungan ke kantor
VIVA.co.id
, Selasa 5 Februari 2013.


"Kalau Pemerintah diminta ikut ambil bagian, ambil bagian bersama FIFA dan AFC, akan kita gunakan untuk menekan PSSI agar menjalankan semuanya. Kita juga meminta FIFA mendesak PSSI untuk menjalankan yang sudah harus dijalankan pada MoU, verifikasi anggota, klub, dan melakukan kongres," sambungnya.


Hal lain yang akan ditanyakan perwakilan Kemenpora adalah mengenai dualisme kompetisi. "Kita juga akan tanyakan, sebelumnya FIFA dan AFC membolehkan dua liga tetap berjalan, itu kebijakan FIFA atau aturan yang lazim," tegasnya.


"Prediksi saya, kalau dua liga jalan, akan tetap mengacu pada dua induk organisasi (PSSI Djohar dan PSSI KLB Ancol). Jadi minta maaf kalau saya harus mengambil keputusan, pada saatnya nanti liga hanya satu. Bagaimana mekanismenya, akan kami tanyakan ke FIFA," tuntas Roy. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya