Wakil BTN: Nilai Kontrak Blanco di Atas Riedl

Pelatih baru timnas Indonesia, Luis Manuel Blanco (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVAbola - Meski masih menimbulkan polemik di kalangan pengurus PSSI, Badan Tim Nasional (BTN) ngotot menunjuk Luis Manuel Blanco sebagai pelatih timnas senior dan U-23. Pelatih asal Argentina telah dikontrak selama dua tahun.

Wakil BTN, Habil Marathi mengatakan bahwa nilai kontrak Blanco lebih besar dari mantan pelatih timnas senior, Alfred Riedl. Gaji dan kontrak Blanco sepenuhnya akan ditanggung ketua BTN, Isran Noor yang juga bupati Kutai Timur.  

"Harganya dia (Blanco) dua kali Alfred Riedl. Kalau masalah yang bayar itu sudah ada yang nanggung," ujar Habil kepada wartawan belum lama ini.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Riedl merupakan pelatih yang menangani timnas Indonesia di Piala AFF 2010 lalu. Pelatih asal Austria ini dipecat PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin hanya beberapa hari stelah KLB di Solo, 2011. Riedl sempat meminta sisa pembayaran gaji kepada PSSI, namun pertemuan kedua pihak berakhir buntu. Riedl lalu melaporkannya ke FIFA dan membawa kasus ini ke badan arbitrase olahraga dunia (CAS).

Selama menangani timnas Indonesia, Riedl menerima gaji sebesar Rp 110 juta per bulannya. Sesuai kalkulasi Habil, maka selama menangani timnas Blanco akan menerima gaji sebesar Rp220 juta atau total Rp5,2 Miliar selama dua tahun.

Habil menjelaskan bahwa tugas Blanco tidak mudah. Pelatih berusia 59 tahun itu diminta meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2015. Selain itu, Blanco juga dibenai target membawa Skuad Garuda menjadi juara Piala AFF 2014.


Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016