Nil Maizar: Kalah 0-3 dari Belanda Itu Normal

Indonesia vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
Meski menyerah 0-3 dari tangan Timnas Belanda, penampilan Indonesia mendapatkan pujian. Menurut mantan pelatih timnas, Nil Maizar kekalahan dengan skor tersebut wajar.

Belanda Permalukan Inggris di Wembley

Pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno hari Jumat malam, 7 Juni 2013, Indonesia mampu mengimbangi Belanda tanpa gol di babak pertama. Sayang, dua gol Siem De Jong dan milik Arjen Robben di penghujung laga tercipta di babak kedua.
45 Menit, Vardy Bawa Inggris Ungguli Belanda


Pada paruh pertama, skuad "Garuda" masih mampu menekan pertahanan lawan. Beberapa peluang didapatkan Greg Nwokolo maupun Boaz Solossa. Namun, taktik serangan balik cepat khas Indonesia menghilang di babak kedua.


Lebih banyak tertekan, pertahanan Indonesia terlihat tanpa pola saat menyodorkan bola ke depan. Alhasil bola mampu kembali direbut oleh gelandang-gelandang lawan.


Meski begitu, Nil menganggap permainan Indonesia saat ini patut diapresiasi. "Permainan timnas secara keseluruhan cukup bagus. Skor 3-0 itu normal jika melawan tim sekelas Belanda."


"Banyak pelajaran yang harus kita petik. Jika ujicoba kelas dunia ini diteruskan, bisa berdampak positif untuk tim ini," lanjut mantan peracik strategi tim Indonesia di Piala AFF 2012 lalu itu.


"Apakah saya kecewa dengan hasilnya? Tidak boleh kecewa. Harus bangga karena lawannya kelas dunia dan kita tampil baik. Secara teknik mereka memang lebih baik. Untuk ke Piala Asia, Timnas harus tampil lebih baik lagi," imbuhnya.


Nil ternyata sudah punya satu jawaban mengenai siapa pemain terbaik saat melawan Belanda. Menurutnya, penjaga gawang Kurnia Meiga berhasil mencuri perhatian sepanjang laga.


"Menurut saya (Kurnia) Meiga. Tenang dan andal bola atas. Tadi mainnya bagus," jawab Nil singkat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya