Evaluasi Jacksen Setelah Indonesia Mengalahkan Kyrgyzstan

Jumpa Pers Timnas Indonesia vs Belanda
Jumpa Pers Timnas Indonesia vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago menyampaikan evaluasi atas kemenangan besar 4-0 yang diraih Indonesia saat menghadapi Kyrgyzstan di laga uji coba, Jumat 1 November 2013 di SUGBK.

Indonesia memetik kemenangan empat gol tanpa balas dalam pertandingan di SUGBK, Jumat 1 November 2013. Striker Indonesia, Zulham Zamrun sukses mencetak dua gol. Sepasang gol Indonesia lainnya disumbangkan Titus Bonai dan Ahmad Jufriyanto.

Menurut sang pelatih, kunci kesuksesan Indonesia terletak dari efektivitas kinerja lini tengah yang digalang Ahmad Bustomi dan kawan-kawan, terutama dalam memutus alur serangan Kyrgyzstan.

Di samping itu, Indonesia sukses mengatur tempo permainan dan organisasi permainan berjalan dengan baik. Proses kerja sama antarlini menjadi lebih tajam karena umpan yang dikirimkan mampu menjangkau sasaran.

"Kami sudah memprediksi apa yang akan terjadi termasuk mengembangkan strategi yang dipersiapkan untuk melawan Kyrgyzstan. Seperti kami lihat, mereka mengandalkan bola-bola atas. Dan itu sukses kami redam," tutur Jacksen.

Meski demikian, Jacksen menilai lini belakang Indonesia belum teruji karena peran pemain tengah sudah cukup untuk memutus aliran bola Kyrgyzstan. Jacksen pun mengakui kondisi itu. "Memang harus diakui gelandang bekerja lebih keras dari pemain belakang. Saya menyadari kondisi tersebut. Itu sudah diperhitungkan," kata Jacksen usai pertandingan.

Untuk mengasah kemampuan pemain bertahan mengahalau serangan, Jacksen akan memberikan porsi latihan lebih intensif bagi pemain belakang. "Tekanan di sektor tersebut sangat dibutuhkan agar permainan tim terus berkembang saat melawan China," beber pelatih 45 tahun itu.

Hal senada diungkapkan pemain bertahan Indonesia, Victor Igbonefo. Menurut dia, lini belakang masih butuh tekanan yang lebih besar dalam pertandingan uji coba agar lini belakang bisa menemukan performa terbaiknya.

"Saya harap adanya konsistensi di dalam tim. Saat ini kami ingin mengembangkan diri agar bisa bermain dengan baik saat melawan China," tutur Victor.