Lawan China, Mental Pemain Timnas Sudah Terasah

Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Asia
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago, tidak gentar meski pasukannya bakal sepi dukungan saat bertemu tuan rumah China, di Shanxi Stadium, 15 November 2013. Pasalnya, pengalaman menjalani dua laga berturut-turut tanpa penonton telah membuat mental pasukannya lebih teruji.

Seperti diketahui, saat menjamu China di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 15 Oktober lalu, Boaz Solossa cs harus tampil tanpa dukungan langsung fans karena sanksi dari AFC. Nasib tak jauh berbeda juga dialami tim Merah Putih saat menjamu Kyrgyzstan, 1 November 2013. 

Bedanya, saat menjamu Kyrgyzstan, Indonesia tidak sedang dijatuhi sanksi dari AFC. Sayang, saat itu SUGBK, Senayan, tetap sepi penonton. Beruntung, alam laga uji coba ini, Indonesia berhasil menang dengan skor telak 4-0.

"Dua kali penonton tidak hadir di stadion. Melawan China memang karena sanksi, tapi saat melawan Kyrgyzstan stadion sepi. Saya pikir itu adalah ujian mental bagi timnas," kata Jacksen.  "Dalam laga tersebut, mental mereka terasah. Bagaimana mereka harus bermain tanpa dukungan penonton dan harus bisa memotivasi diri sendiri. Tentunya ini akan berguna saat melawan China. Dan saya melihat, kondisi mental mereka mulai membaik," sambung pelatih Persipura itu.

Menurut Jacksen, di China, tekanan akan lebih besar karena tuan rumah akan didukung suporternya. "Saya harap para pemain tidak canggung. Sampai sekarang, tim pelatih berusaha untuk memperbaiki mental mereka," ungkap mantan pelatih Persebaya Surabaya dan Persita Tangerang itu.

Selain masalah mental, tantangan lainnya bagi Pasukan Merah Putih adalah kondisi fisik. Disadari Jacksen, para pemain China akan memiliki kebugaran yang lebih baik ketimbang penggawa Indonesia. Pasalnya, hingga sekarang kompetisi di China masih berlangsung. Selain itu, delapan pilar China juga akan membela klubnya, Guanzhou Evergrande pada babak final Liga Champions Asia.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Inilah tantangan lain bagi kami," jelas Jacksen.

Indonesia akan bertemu China pada lanjutan babak penyisihan Grup C, Piala Asia 2015. Indonesia sampai saat ini masih di urutan terbawah dengan satu poin. Sedangkan tuan rumah China berada di posisi kedua dengan koleksi empat poin.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Berita-berita menarik lainnya silahkan klik tautan ini

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016