Lawan China, Indonesia Tantang 9 Pemain Juara Liga Champions Asia

Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Asia
Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Asia
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Misi berat diemban tim nasional Indonesia di Pra Piala Asia 2015. Tim besutan Jacksen F Tiago akan menghadapi China di kandangnya, Shaanxi Province Stadium, Xi'an, Jumat 15 November 2013.

Indonesia wajib memetik kemenangan jika ingin membuka peluang lolos ke putaran final. Ini karena Tim Merah Putih masih terdampar di posisi juru kunci grup C dengan 1 poin dari 3 pertandingan.

Di atas kertas, jelas ini misi yang sangat sulit. Sepanjang sejarah, Indonesia selalu mengalami kekalahan dalam 4 kali lawatan ke China. Kekuatan tim besutan Fu Bo pun masih di atas Indonesia. Jika melihat ranking FIFA, China ada di posisi ke-97, sedangkan Indonesia menempati peringkat 162.

Mengenai komposisi pemain, China saat ini memiliki 9 pemain yang memperkuat Guangzhou Evergrande. Tim berjuluk Southern China Tigers ini berhasil menjuarai Liga Super China 2013 dan Liga Champions Asia.

Diasuh pelatih legendaris Italia, Marcelo Lippi, Guangzhou tampil dominan dengan 77 poin dari 30 pertandingan. Shandong Luneng Taishan yang menjadi runner up hanya sanggup mengumpulkan 59 poin.

Di posisi penjaga gawang, Guangzhou menyertakan nama Zeng Cheng. Sedangkan di lini belakang ada 4 pemain yakni Sun Xiang, Rong Hao, Feng Xiaoting, dan Zang Linpeng. Di lini tengah, ada sang kapten, Zeng Zhi, lalu ada Zhao Xuri dan Huang Bowen. Masih ditambah striker tajam, Gao Lin, yang siap menebarkan ancaman bagi para pemain Indonesia.

Bukan hanya para pemain Guangzhou saja yang bisa menjadi ancaman bagi Tim Merah Putih. China juga punya gelandang bertahan yang berbahaya, Wu Xi. Pemain Jiangsu Sainty sempat membawa China unggul dalam pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Laga itu akhirnya berakhir 1-1 setelah Boaz Solossa menyamakan kedudukan.

Posisi China saat ini lebih nyaman dibandingkan Indonesia. Negeri Tirai Bambu ada di peringkat 2 grup B dengan 4 poin dari 3 laga, selisih 5 poin dari Arab Saudi yang menempati puncak klasemen.

Jelang dua laga krusial melawan Indonesia, China mendapatkan modal berharga di Piala Asia Timur 2013. Mereka keluar sebagai runner-up setelah menahan imbang Jepang dan Korea Selatan, serta menaklukkan Australia. Gelar juara turnamen ini direbut Jepang.

China tercatat sebagai langganan Piala Asia. Sejak Piala Asia 1976 yang berlangsung di Iran, China tak pernah absen. Prestasi terbaik mereka adalah runner-up pada 1984 dan 2004. Sedangkan di Piala Dunia, satu-satunya partisipasi tim berjuluk The Dragon ini adalah pada 2002 di Korea Selatan dan Jepang. (one)

Rekor 5 pertandingan terakhir China

Selasa, 15 Oktober 2013: Indonesia 1-1 China (Kualifikasi Piala Asia 2015)
Selasa, 10 September 2013: China 2-0 Malaysia (Persahabatan)
Jumat, 6 September 2013 :  China 6-1 Singapura (Persahabatan)
Minggu, 28 Juli 2013: Australia 3-4 China (Piala Asia Timur)
Rabu, 24 Juli 2013: Korea Selatan 0-0 China (Piala Asia Timur)

Untuk berita menarik lainnya silakan klik tautan ini.