Pengawas Pertandingan: Menang Lawan Myanmar, Indonesia ke Semifinal

Ekpresi pesepakbola timnas Indonesia seusai dikalahkan Thailand
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Indonesia ternyata tidak perlu meraih kemenangan dengan margin minimal 4 gol saat bertemu dengan Myanmar hari Senin besok, 16 Desember 2013. Menurut match commisioner, Prince Rufus, kemenangan dengan skor berapapun mampu mengantar Indonesia ke babak semifinal SEA Games XXVII 2013.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

"Menang dengan skor berapapun Indonesia sudah bisa ke semifinal. Yang  dihitung bukan selisih gol tapi head-to-head," ujar Prince saat dihubungi wartawan, Minggu, 15 Desember 2013.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Indonesia saat ini berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup B dengan koleksi 4 poin dari 3 laga dan selisih gol -2. Sedangkan Myanmar berada di urutan kedua dengan koleksi 7 poin dan selisih gol +5.


Sebelumnya banyak yang beranggapan Indonesia butuh kemenangan dengan margin minimal 4 gol untuk melaju ke semifinal. Namun anggapan itu kini terpatahkan. Dalam laga yang digelar di YTC Stadium, besok, Indonesia hanya butuh kemenangan untuk menembus babak semifinal.


"Seperti yang sudah dibicarakan dalam pertemuan dengan manajemen sebelumnya, bila ada dua tim dengan poin yang sama, maka yang dihitung adalah hasil pertandingan kedua tim," lanjut Prince.


"Jika Myanmar menang, maka mereka yang melaju ke semifinal. Jika draw, Myanmar ke semifinal. Bila Indonesia menang, Indonesia yang akan ke semifinal. Dengan skor berapapun asal menang, Indonesia ke semifinal. Ini aturannya," jelasnya.


Nasib Indonesia berada di ujung tanduk setelah hanya bisa meraih satu kemenangan dari tiga laga Grup A SEA Games 2013. Menang 1-0 atas Kamboja, kalah telak 1-4 dari Thailand, dan terakhir ditahan imbang tanpa gol oleh Timor Leste.


Namun, kabar ini tentu melegakan skuad "Garuda Muda". Andik Vermansyah dan kawan-kawan hanya perlu mencetak gol lebih banyak dari Myanmar demi memastikan tiket ke semifinal. Peluang lolos kini lebih terbuka.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya