Belanda Pesta Setengah Lusin Gol ke Gawang Latvia

Timnas Belanda
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola -
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda
Belanda meraih kemenangan dengan cukup telak atas Latvia dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup A di Amsterdam Arena, Senin 17 November dini hari WIB. Belanda mengunci kemenangan dengan skor 6-0.

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Gawang Latvia langsung dibuat bergetar oleh Robin van Persie kala laga baru berjalan 6 menit. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Arjen Robben, Van Persie langsung menyundul bola dengan cukup terarah dan sulit diantisipasi oleh kiper Aleksandrs Kolinko.
11 Bintang Luar Biasa yang Pernah Berkostum PSV Eindhoven


Unggul 1-0 atas Latvia, membuat para pemain De Oranje semakin nyaman menguasai jalannya pertandingan. Kabar buruk bagi Belanda dan Manchester United, Daley Blind terpaksa ditarik keluar di menit 20 usai mengalami cedera pada pahanya.


Belanda berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit 35, sekarang giliran Van Persie yang memberikan umpan manis bagi Robben untuk mencetak gol kedua Belanda. Robben melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau oleh Kolinko.


Belanda semakin memperlebar kedudukan menjadi 3-0 di menit 42, sontekan Klaas Jan Huntelaar yang memanfaatkan umpan silang mendatar dari Afellay tak bisa diamankan dengan baik oleh bek lawan. Keunggulan skor untuk Belanda tetap bertahan hingga turun minum.


Memasuki babak 2, Belanda semakin membuat pertahanan Latvia merana dengan serangan demi serangan yang tak kunjung henti. Hasilnya, Jeffrey Bruma sukses mengubah papan skor menjadi 4-0 untuk keunggulan Belanda di menit 78.


Gol berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Wesley Sneijder, bola kemudian disundul oleh Van Persie ke arah Bruma. Tanpa kesulitan, Bruma pun menceploskan bola masuk ke gawang Latvia.


Robben sukses mencetak gol keduanya di laga ini, dan membuat Belanda unggul 5-0 di menit 82.  Mendapatkan umpan dari Georginio Wijnaldum, Robben langsung melepaskan tembakan keras dari sudut kotak penalti ke pojok gawang hingga tidak mampu dijangkau oleh Kolinko.


Jelang berakhirnya laga, gol kedua yang sangat cantik dari Klaas Jan Huntelaar di menit 89 berhasil melengkapi pesta gol De Oranje. Belanda pun akhirnya menutup laga dengan kemenangan cukup telak, yakni 6-0.


Tambahan 3 poin dari kemenangan ini, kembali membukan kans Belanda untuk melaju ke babak berikutnya. Saat ini Belanda menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan raihan 6 poin dari 4 laga yang sudah dilakoninya.


Susunan Pemain

Belanda: Jasper Cillessen; Van der Wiel, Jeffrey Bruma, Stefan De Vrij, Jetro Willems; Ibrahim Afellay (Memphis Depay ’69), Daley Blind (Jordy Clasie ’20), Wesley Sneijder; Arjen Robben, Klaas Jan Huntelaar, Robin Van Persie (Georginio Wijnaldum ’79)


Latvia: Aleksandrs Kolinko; Kaspars Dubra, Vladislavs Gabovs, Kaspars Gorkss, Antons Kurakins; Jnis Ikaunieks (O?egs Laiz?ns ’46), Arturs Zjuzins (Aleksandrs Cauna’55), Aleksandrs Fertovs, Aleksejs Visnakovs; Valerijs Sabala, Eduards Visnakovs (Artjoms Rud?evs ’70)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya