Tim 9 Sudah Hasilkan Rekomendasi

Ruang Kongres PSSI, 4 Januari 2015
Sumber :

VIVAbola - Tim 9 mengaku sudah menghasilkan rekomendasi terkait penyelenggaraan event sepakbola dan olahraga lain di Indonesia. Seperti apa rekomendasi yang dikeluarkan oleh Tim 9? Selasa 13 Januari 2015 sore tadi,
Tim 9 menggelar rapat di kantor Kemenpora.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Dalam rapat itu hadir beberapa pihak mulai dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Badan Intelejen Keamanan (Intelkam), Mabes Polri, dan Dirjen Imigrasi.

Di rapat itu dibahas mengenai izin dari pemain serta pelatih asing yang ada di Indonesia. Tak hanya sepakbola, pemain dan pelatih asing dari cabang olahraga lain pun disoroti. Menurut salah satu anggota Tim 9, Gatot S Dewa Broto, pihaknya perlu mendapatkan gambaran jelas mengenai status pelatih dan pemain asing di Indonesia, khususnya masalah izin.

"Akan ada MoU yang dibuat dengan beberapa pihak seperti PPATK dan Mabes Polri. Kami juga kerjasama dengan Imigrasi agar tahu status pelatih dan pemain asing yang ada di sini apakah melanggar izin atau tidak," jelas Gatot kepada para wartawan.

"Kerjasama dengan PPATK perlu dibuat untuk memperjelas berbagai hal yang menyangkut transaksi. Sedangkan, dengan Mabes Polri sangat penting dalam hal izin penyelenggaraan pertandingan," sambung dia.

MoU dengan beberapa pihak tersebut, menurut Gatot, perlu dibuat. Dengan MoU itu, Gatot mengklaim, segala perizinan dalam kegiatan sepakbola dan olahraga lain bisa lebih cepat keluar.

"Jadi klub, pemain, pelatih, atau agen, tak merasa dipingpong. Perizinan diharapkan bisa lebih cepat dengan adanya MoU seperti ini, sistemnya one stop service," kata Gatot.

Temukan Pengganti Budiarto

Gatot pun menuturkan sudah menemukan pengganti anggota Tim 9 yang mundur, Budiarto Shambazy. Pengganti Budiarto berasal dari Transparansi Internasional, Natalia Soebagjo.

"Nama Ivana Lie sempat muncul. Tapi, kami lebih pilih Natalia karena keterlibatannya di dalam Transparansi Internasional," ujar pria berkacamata tersebut.

Selain Budiarto, Tim 9 sebenarnya terancam ditinggalkan satu anggotanya yang lain. Rumor menyebutkan bahwa Ricky Yacobi akan mundur dari Tim 9. "Jumat lalu, dia sudah memastikan untuk komitmen dengan kami. Jadi, bisa dibilang tim ini lengkap dan kompak," ucap Gatot.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022