Bantu 'Messi' Indonesia, Menpora Butuh Surat Klub Belanda

Tristan Alif Naufal
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, bersedia membantu pesepakbola cilik asal Indonesia, Tristan Alif Naufal, untuk mendapat izin tinggal di Belanda. Kedua pihak bahkan sudah bertemu di kantor Kemenegpora, Senin, 16 Februari 2015.

Ajax dan Barca Ingin Pakai Nama Cruyff untuk Nama Stadion
Seperti diketahui, Alif mendapat kesempatan masuk akademi sepakbola 2 klub Belanda, Ajax Amsterdam atau Feyenoord, tanpa harus tes. Kesempatan itu didapat setelah bocah berusia 10 tahun itu sukses mengukir prestasi saat mengikuti sejumlah ajang bergengsi di level junior di Belanda.

Eks Bek Everton Umumkan Pensiun di Usia 32 Tahun

Namun, Alif kesulitan untuk mengambil peluang tersebut. Pasalnya, keluarganya tidak berdomisili di Belanda sehingga bertentangan dengan FIFA Non-EU Youth Player Regulation. Untuk itu, pihak keluarga pun sangat berharap bantuan dari pemerintah Indonesia.

Menpora menyatakan, akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu 'Messi dari Indonesia' ini. "Saya menghargai keinginan Trisan Alif dan orang tuanya, akan saya komunikasikan dengan pihak Kemenlu dan yang lain, agar segera ada solusi izin tinggal," terang Menpora dalam pesan singkat kepada VIVA.co.id, Selasa 17 Februari 2015.

Namun, Menpora meminta keluarga Alif terlebih dahulu berkomunikasi dengan Ajax agar mengeluarkan surat konfirmasi Alif telah diterima di akademi mereka. Menurut Menpora, hal itu penting agar memudahkan proses keluarnya izin tinggal untuk Alif dari pemerintah.

"Yang kita butuhkan adalah surat dari Ajax Amsterdam bahwa Alif benar-benar diterima di sana," papar politisi PKB ini. "Jadi kami butuh surat konfirmasi dari Ajax soal Alif, agar memudahkan proses permintaan izin dari pemerintah," sambung Imam. (one)

10 Wonderkid yang Diprediksi Bakal Guncang Sepakbola Eropa

Baca juga:

Rekor Pertemuan, Chelsea Unggul Tipis Atas PSG

Akhiri 'Puasa' Gol, Rooney Malah Dikecam

Johan Cruyf

Ajax Beri Persembahan Terakhir untuk Johan Cruyff

Fans membentuk koreografi nama Johan Cruyff.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016