PSSI Dibekukan, Agenda Timnas Terancam Berantakan

Para pemain Timnas U-23 Indonesia usai dibantai Korea Selatan 0-4
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo
VIVA.co.id
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Agenda Timnas Indonesia dalam beberapa bulan ke depan terancam berantakan. Hal ini setelah Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora
) membekukan PSSI
Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia
.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Padahal, ada tiga agenda penting yang akan dilakoni Timnas U-23, Timnas U-16 dan Timnas senior Indonesia. Timnas U-23 akan tampil di ajang SEA Games 2015, sedangkan tim senior akan tampil di Pra Piala Dunia 2018. Lalu siapa yang akan menangani Timnas dalam tiga event penting tersebut?


Berdasarkan surat dari Kemenpora, Pemerintah akan membentuk tim transisi yang mengambil alih hak dan kewenangan PSSI sampai dengan kepengurusan PSSI yang kompeten sesuai dengan mekanisme organisasi dan statuta FIFA. Persiapan timnas untuk SEA Games 2015 pun akan diambil alih oleh KONI, KOI, dan pemerintah.


Namun, rencana Pemerintah itu bisa saja berantakan. Hal itu jika FIFA menganggap apa yang dilakukan Kemenpora sebagai bentuk intervensi. Jika FIFA menjatuhkan sanksi, Indonesia dilarang tampil di semua laga internasional termasuk SEA Games dan Pra Piala Dunia.


Di SEA Games nanti, Indonesia sebenarnya punya peluang yang cukup bagus. Garuda Muda tergabung di grup A bersama Singapura, Myanmar, Filipina, dan Kamboja. SEA Games ini akan berlangsung di Singapura pada 29 Mei hingga 15 Juni 2015.


Soal target, pelatih Timnas U-23 , Aji Santoso
dari 2 tahun lalu. Seperti yang diketahui, Indonesia gagal di partai final dalam 2 kali penyeleggaraan Sea Games terakhir tahun 2011 dan 2013.


Sementara itu, Timnas U-16 akan tampil di Piala AFF U-16. Ajang yang mempertemukan negara-negara di Asia Tenggara tersebut bakal digelar di Solo, Juli-Agustus 2015. Jelang ajang itu, Timnas U-16 punya bekal bagus dengan
di laga ujicoba, beberapa waktu lalu.


Agenda lain yang terancam berantakan adalah Pra Piala Dunia 2018. Indonesia tergabung yang lumayan berat di grup F bersama Irak, Vietnam, Thailand, dan Taiwan. Meski berat, Indonesia sebenarnya berpeluang lolos ke babak kedua. Atau setidaknya lolos ke Piala Asia 2019, karena  babak kualifikasi Piala Dunia juga jadi ajang kualifikasi Piala Asia 2019.

Di laga perdana, Indonesia dijadwalkan menghadapi Taiwan di Taipei, 11 Juni 2015. Lima hari kemudian, Tim Garuda menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya