KONI-KOI Tolak Jalankan QNB League, Apa Kata Menpora?

Menpora Imam Nahrawi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mempertanyakan sikap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang menolak untuk menjalankan QNB League 2015. Padahal, dalam surat pembekuan PSSI yang diedarkan pada Sabtu 18 April 2015 lalu, kedua lembaga tersebut diberi tugas melakukan supervisi.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Umum KONI, Tono Suratman, mengatakan pihaknya tidak mengetahui tata cara pelaksanaan kompetisi dan juga tidak memiliki sumber daya perangkat pertandingan. Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum KOI, Rita Subowo. Bahkan, dia mengatakan baru mengetahui tugas tersebut melalui media massa saja.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


Mendengar hal itu, Imam menilai loyalitas KONI dan KOI kepada pemerintah patut dipertanyakan. Padahal, kedua lembaga tersebut berada di bawah naungan Kemenpora dan juga mendapatkan dana operasional dari pemerintah.


"Berarti mereka termasuk kriteria yang patut kita monitor juga. Karena KONI dan KOI dibiayai pemerintah dan sekarang pemerintah punya hajat, punya keinginan untuk sepakbola. Maka kita harap mereka bisa membantu bersama-sama," ungkap Imam saat ditemui di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta.


Selain itu, Imam juga menanggapi keputusan PT Liga Indonesia untuk tetap menjalankan kompetisi dengan jumlah peserta 18 klub. Dia mengaku sudah merencanakan akan mengambil alih pengelolaan kompetisi dan menyerahkannya kepada tim transisi yang dalam waktu dekat akan dibentuk.


"Itu salah satu persoalannya. Kami terus terang sedang menunggu pertemuan kedua dengan manajemen Arema Indonesia, karena mereka masih harus dipertimbangkan untuk ikut ISL. Ke depan liga akan ada di tim transisi," ungkap pria asal Bangkalan, Madura itu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya