Persipura Batal Lawan Pahang, Pahabol Tinggalkan Timnas U-23

Aksi Lincah Para Pemain Mungil Timnas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Pemandangan tak biasa terlihat dalam sesi latihan timnas Indonesia U-23, di Lapangan Sutasoma 77, Halim Perdanakusuma, Rabu 27 Mei 2015 sore. Tak tampak striker timnas U-23 asal Persipura Jayapura, Ferinando Pahabol.

Ada isu menyebutkan bahwa Pahabol tak hadir karena telah mengundurkan diri dari timnas U-23. Pelatih timnas U-23, Aji Santoso, pun angkat bicara soal absennya Pahabol.

Menurut Aji, Pahabol merasa frustrasi dengan pembatalan laga Persipura Jayapura kontra Pahang FA.

Usut punya usut, Pahabol ternyata mendapatkan tekanan dari beberapa pihak. Dia dipaksa untuk meninggalkan timnas U-23 karena pertandingan Persipura versus Pahang batal.

Seperti diketahui, tiga pemain Pahang tak bisa masuk ke wilayah Indonesia pada Minggu 25 Mei 2015 dini hari WIB, akibat tak mengantongi visa on arrival (VOA).

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Setelah lama menunggu tanpa kejelasan, pihak Pahang akhirnya memutuskan pulang dan duel kontra Persipura di babak 16 besar AFC Cup yang seharusnya digelar Selasa 26 Mei 2015 kemarin di Stadion Mandala tak digelar.

Beberapa pihak menuding pembekuan PSSI oleh Kemenpora menjadi sebab utama batalnya laga tersebut. Sebab, lewat pembekuan ini, masalah VOA dan invitation letter pemain asing menjadi sulit diurus.

"Dengan situasi yang ada sekarang, ada instruksi, masyarakat Papua lebih baik tak membela timnas. Saya memahami itu. Memang, Pahabol tak latihan karena pembatalan laga Persipura di AFC Cup. Saya cuma berharap masalah ini cepat selesai dan Pahabol kembali berlatih," kata Aji.

"Karena masalah ini, masyarakat Papua mendesak Pahabol pulang," ucap Sekretaris Tim Persipura, Rocky Bebena, di tempat terpisah.

Masalah yang menimpa Pahabol membuat Aji pusing. Sebab, striker bertubuh mungil tersebut merupakan andalan pelatih 45 tahun di lini depan.

Ya, kreativitas lini depan timnas U-23 memang lebih berkembang saat Pahabol bermain. Terlihat permainan lebih cair.

"Dia itu pemain penting. Makanya, saya juga pusing dengan masalah yang ada saat ini. Terkait nasib Pahabol akan ditentukan dalam satu hingga dua hari ke depan. Kalau tak bisa ikut juga, terpaksa kami berangkat dengan 19 pemain saja," tutur Aji.

Pendekatan secara pribadi terhadap Pahabol sudah dilakukan Aji beserta beberapa anggota manajemen Garuda Muda.

"Manajer juga sudah dekati dia. Dari pembicaraan dengan saya, Pahabol merasa tak nyaman dengan situasi sekarang. Yah, saya berharap dia bisa kembali," tutur pelatih kelahiran Malang tersebut. (art)

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022