FIFA Bergolak, Wapres Sindir Langkah Menpora 'Bekukan' PSSI

Usai pertemuan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dengan PSSI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, ikut menanggapi skandal korupsi yang menjerat sejumlah pejabat eksekutif FIFA. JK membandingkan masalah yang dihadapi otoritas sepakbola dunia itu dengan keputusan pembekuan PSSI yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

"Tentu, kita menyesalkan dan terkejut itu. Itu suatu langkah yang baik. Prinsip olahraga kan sportif, jujur. Kalau yang mengatur olahraga tidak jujur, berarti tidak sportif. Jadi itu bagus, tindakan keras untuk sepakbola yang lebih baik ke depan," jelas Wapres JK, di kantor Wapres, Jakarta, Kamis 28 Mei 2015.

Wapres membandingkan, kasus FIFA ini dengan yang terjadi di Indonesia. Kata JK, kalau korupsi terjadi di FIFA, maka orangnya yang 'diambil'. Tapi sayangnya, justru terbalik dengan yang terjadi di Indonesia, dengan SK pembekuan PSSI.

"Mestinya kalau salah orangnya, bukan organisasinya. Karena itu jadi masalah. Kalau FIFA, kemudian ditangkap orangnya, orangnya yang bersalah. Bukan FIFA- nya yang dibekukan, sehingga sepakbolanya tetap jalan," kata Jusuf Kalla.

Menpora Imam Nahrawi sampai saat ini memang belum juga merevisi SK pembekuan PSSI seperti yang telah disepakati dalam pertemuan dengan JK beberapa waktu lalu. Padahal, akibat SK tersebut, Indonesia kini berada di bawah ancaman sanksi FIFA. 'Hari penghakiman' akan jatuh pada 29 Mei 2015.

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

JK belum mengetahui, apakah SK tersebut sudah direvisi, atau belum. Namun, menurutnya, putusan sela PTUN sudah cukup untuk menggugurkannya.

"Dicabut atau tidak, sama saja sebenarnya. Karena secara hukum, hukum tertinggi bukan SK yang tertinggi. Secara hukum tidak berlaku, ditangguhkan." (asp)

Viral Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Ditengah berjalannya pawai Timnas Indonesia itu terjadi hal yang menegangkan, yaitu momen ketika mobil trans Jakarta yang menjadi kendaraan imnas memasuki terowongan

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2023