Anggota Komnas HAM Kritik Kebijakan Menpora Bekukan PSSI

Anggota Komnas HAM, Siane Indriani
Sumber :
  • Riki Ilham Rafles/Viva.co.id

VIVA.co.id - Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) angkat bicara terkait kisruh yang melanda sepakbola Indonesia saat ini. Anggota Komnas HAM, Siane Indriani, mengkritik kebijakan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang membekukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Siane berpendapat bahwa Surat Keputusan (SK) pembekuan yang dikeluarkan oleh Menpora memiliki dampak yang sangat luar biasa di kalangan masyarakat. Tidak sedikit dari mereka yang menggantungkan hidup dari sepakbola harus dikorbankan.

Selain itu, kata Siane, dengan adanya SK pembekuan, maka Menpora telah membuat masyarakat yang selama ini bersentuhan dengan sepakbola telah kehilangan hak ekonomi, sosial, dan budaya.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

"Kami menyesalkan jika penyelesaian sepakbola ini terlalu berlarut-larut. Sudah beberapa bulan kegiatan sepakbola di Tanah Air tidak ada sama sekali. Itu berarti ada banyak sekali masyarakat yang dirugikan," ungkap Siane saat ditemui sejumlah wartawan di kantor Komnas HAM, Jumat 10 Juli 2015.

Wanita yang pernah menjadi Pemimpin Redaksi di salah satu televisi swasta nasional itu berharap Menpora mau kembali mempertimbangkan keputusan pembekuan PSSI sehingga permasalahan tidak semakin berlarut-larut.

"Multi-efect ini seharusnya dipikirkan oleh pemerintah, dalam hal ini kami meminta pemerintah untuk lebih arif lagi. Ada banyak hak-hal masyarakat yang dikorbankan oleh kebijakan yang tidak proposional ini," harap Siane. (ren)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022