Musuh Indonesia Atur Persiapan Matang Jelang Piala AFF

Pemain Timnas Indonesia U-23, Zulfiandi, di SEA Games 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
VIVA.co.id
Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi
- Indonesia masuk 'Grup Neraka' pada Piala AFF 2016 mendatang. Para lawan pun sudah mempersiapkan program panjang jelang pertarungan di Grup A yang digelar mulai pertengahan November nanti.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral
Tergabung dalam Grup A, Indonesia harus menghadapi lawan-lawan sulit seperti tuan rumah Filipina, sang juara bertahan Thailand, dan juara empat kali, Singapura.

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI
Di atas kertas, ketiga negara itu lebih diunggulkan karena sudah mempersiapkan tim sejak lama. Sedangkan Indonesia baru saja bangkit dari keterpurukan usai dihantam sanksi FIFA.

Jelang Piala AFF 2016, para lawan tidak main-main dalam urusan mempersiapkan diri. Program uji coba sudah tersusun rapi hingga pertandingan pembuka 19 November mendatang.

"Dalam tiga bulan ke depan, kami akan terus memperkuat tim sekaligus individu para pemain lewat latihan tim nasional," ujar pelatih Singapura, V Sundramoorthy, seperti dilansir dari ESPN.

"Sebagai tambahan, kami akan memainkan enam pertandingan internasional dengan kekuatan bervariasi di pekan internasional FIFA mendatang, dengan satu tujuan meningkatkan kedalaman dengan beri kesempatan pada pemain muda," lanjutnya.

Thailand dan Filipina Siap, Indonesia?


Tak berbeda jauh dengan Singapura, Thailand juga sudah memiliki agenda yang cukup panjang. Bukan hanya laga persahabatan, sejumlah pertandingan berat di kualifikasi Piala Dunia 2018 juga harus mereka lewati.

Setelah menghadapi Qatar di laga persahabatan, 25 Agustus 2016, Thailand akan menghadapi tim sekaliber Arab Saudi, Jepang, Uni Emirat Arab, Irak, dan Australia di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia. Meski berat, pertandingan melawan tim dengan kualitas luar biasa itu tentu bakal meningkatkan kualitas permainan tim asuhan Kiatisuk Senamuang tersebut.

Filipina sampai saat ini sudah mendapatkan dua laga persahabatan jelang Piala AFF menghadapi Kyrgistan. Setelah bertandang ke Asia Tengah pada 7 September, The Azkals gantian menjamu Kyrgistan pada 9 November, hanya 10 hari jelang kick-off Piala AFF.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini, skuat Garuda baru dipastikan melakoni satu pertandingan uji coba yaitu menghadapi Malaysia pada 6 September mendatang.

Wacana Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, yang ingin mengirim Timnas Indonesia ke Eropa jelang Piala AFF pun masih belum menemukan titik terang, karena terbentur oleh jadwal padat Torabika Soccer Championship (TSC). (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya