Rekor Ciamik Timnas Indonesia di Laga Pembuka Piala AFF

Skuat Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016
Sumber :
  • Instagram PSSI

VIVA.co.id – Genderang perang di Piala AFF 206 akan segera ditabuh. Sebanyak 8 negara Asia Tenggara, akan adu kekuatan dengan penggawa terbaiknya.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Tim nasional Indonesia, tergabung di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan Myanmar. Dan, sore nanti, pukul 15.30 WIB, di laga pembuka, tim asuhan Alfred Riedl akan langsung menghadapi lawan berat, yakni Negeri Gajah Putih.

Melihat rekor pertemuan, Thailand memang unggul dibanding Indonesia, di mana dari 10 pertemuan terakhir kedua tim, Thailand menjadi momok bagi Indonesia. The War Elephants berhasil menang enam kali, berbanding tiga kemenangan milik Indonesia. Satu pertandingan lainnya berakhir imbang.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Thailand dua kali menggagalkan mimpi Indonesia menjadi juara di Piala AFF, yang sebelumnya bernama Piala Tiger. Indonesia kalah di final pada 2000 dan 2002, saat bersua Thailand.

Sepanjang sejarah Indonesia sudah 73 kali bertemu Thailand, di berbagai ajang. Thailand unggul dengan 35 kemenangan, berbanding 24 kemenangan milik Indonesia. Sisanya, 14 pertandingan berakhir imbang.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Namun, hasil di atas bukan berarti Indonesia patut bersikap minder. Sebab, Selama gelaran Piala AFF sejak tahun 1996, Tim Merah Putih tak pernah kalah di laga pembuka, tentu ini bisa menjadi pelecut semangat Indonesia sore nanti untuk mempertahankan rekor sempurna ini.

Di tahun 1996, Indonesia menghadapi Laos pada tanggal 2 September. Hasilnya, Indonesia sukses menggasak Laos dengan skor telak 5-1.

Gol kemenangan Indonesia dicetak Fachri Husaini, Eri Irianto, Kurniawan Dwi Yulianto, Robby Darwis dan Peri Sandria. Ada pun gol Laos, tercipta atas nama Saysana Savatdy. Di tahun ini, Indonesia hanya hanya menempati tempat keempat.

Dua tahun berselang, Piala AFF yang kala itu masih bernama Piala Tiger, tren positif berlanjut. Di pertandingan pembuka, Indonesia melawan Filipina.

27 Agustus 1998, Indonesia berhasil menang tiga gol tanpa balas. Gol kemenangan Indonesia dicetak Widodo Cahyono Putro, Bima Sakti lewat eksekusi penalti dan Uston Nawawi di menit 65. Di akhir turnamen, Indonesia mampu lebih baik dari gelaran sebelumnya, yakni menempati posisi ketiga.

Masih bernama Piala Tiger di tahun 2000, kali ini Filipina lagi-lagi menjadi "korban". Indonesia menang atas Filipina di laga perdana dengan skor yang sama di tahun 1998. Aji Santoso, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Eko Purdjianto menjadi pahlawan kemenangan timnas Indonesia. Posisi sebagai runner up menjadi hasil yang diterima Indonesia, mereka kalah dari Thailand di laga final dengan skor 1-4.

Tahun 2002, Indonesia melawan Myanmar. Di laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Indonesia lagi-lagi harus puas mengakhiri turnamen dengan status sebagai runner up, karena kalah dari Thailand di final lewat drama adu penalti.

7 Desember 2004, Indonesia kembali menang besar di pertandingan pembuka. Laos dikalahkan dengan skor 6-0. Sepasang gol Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma, ditambah gol Elie AIboy dan Kurniawan Dwi Yulianto, menjadi sajian di laga yang dilangsungkan di Thong Nhat Stadium kala itu.

Apa yang terjadi di 2002, terulang di Piala AFF 2007. Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol saat melawan Vietnam di National Stadium Kallang, Malaysia. Tapi di 2008, Indonesia kembali menang di laga pembuka Piala AFF saat bersua Myanmar, 3-0, gol dicetak Budi Sudarsono, Firman Utina dan Bambang Pamungkas.

2010, menjadi salah satu tahu tak terlupakan sepanjang gelaran Piala AFF. Di pertandingan pertama yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia menang telak atas Malaysia dengan skor 5-1.

Gol pertama Indonesia tercipta berkat gol bunuh diri Mohammad Asrarudin di menit 22. Empat gol lain dicetak Cristian Gonzales, Muhammad Ridwan, Arif Suyono dan Irfan Bachdim. Gol semata wayang milik Malaysia dicetak Norshahrul Talaha di menit 81.

Empat tahun lalu, Indonesia melawan Laos di laga perdana. Kedua tim bermain imbang 2-2. Gol Indonesia dicetak Raphael Maitimo dan Vendry Mofu. Sedangkan gol Laos dicetak Khampheng Sayavhutti dari eksekusi penalti dan Keoviengphet Liththideth

Vietnam menjadi lawan Indonesia di pertandingan perdana Piala AFF 2014. Di my Dinh National Stadium, Kedua tim bermain imbang 2-2. Gol Gue Ngoc Hai di menit 11, mampu dibalas Zulham Zamrun di menit 33. Vietnam sempat unggul 2-1 di menit 68 lewat gol Le Cong Vinh, namun Indonesia membuyarkan kemenangan Vietnam di menit 84 lewat gol Samsul Arif. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya