Tak Lolos Semifinal, Filipina Ikuti Jejak Buruk 2 Negara Ini

Timnas Filipina ketika berhadapan dengan Indonesia di Piala AFF 2016.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Gagalnya tim nasional Filipina menembus babak semifinal Piala AFF 2016 menjadi mimpi buruk setelah pada 3 edisi sebelumnya selalu menapaki fase 4 besar. Ekspektasi besar yang dibebankan kepada tim besutan Thomas Dooley ini ternyata tak mampu dijawab dengan prestasi yang sepadan.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Phil Younghusband cs hanya menempati posisi ketiga klasemen penyisihan Grup A di bawah Thailand dan Indonesia. Bukan hanya itu, armada The Azkals bahkan tak mampu meraih satu kemenangan pun dan harus puas dengan hasil dua kali imbang (dari Singapura dan Indonesia) dan sekali kalah (dari Thailand).

Sebagai tim yang bertindak menjadi tuan rumah penyisihan Grup A, torehan Filipina kali ini tampaknya seperti mengulangi apa yang pernah dicatatkan Singapura dan Vietnam pada beberapa gelaran Piala AFF (atau Piala Tiger sebelum tahun 2007) sebelumnya.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Pada edisi pertama Piala Tiger tahun 1996, Singapura yang bertindak sebagai tuan rumah tunggal pergelaran perdana turnamen se-Asia Tenggara itu harus terhenti lajunya di penyisihan Grup B.

The Lions yang kala itu dibesut Barry Whitbread gagal bersaing memperebutkan posisi 2 teratas klasemen Grup B yang diraih oleh Thailand dan Malaysia.

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

Catatan buruk serupa juga diulangi oleh Singapura kala berlangsungnya Piala Tiger 2002. Malaysia dan Thailand menjadi juara dan runner-up Grup B serta kembali menjadi batu sandungan bagi Noh Alam Shah cs.

Dan yang masih cukup diingat publik sepakbola ASEAN adalah ketika Piala AFF dua tahun lalu skuat Negeri Singa lagi-lagi dipermalukan oleh Thailand dan Malaysia di depan pendukungnya di Stadion Nasional, Kallang.

Selain Singapura, Vietnam juga pernah merasakan nasib yang sama dengan Filipina saat ini kala menggelar penyisihan Grup A Piala Tiger 2004. Sempat bermain imbang di laga perdana dan menang besar 9-1 dari Kamboja, Vietnam menjadikan Indonesia sebagai momok menakutkan usai dibungkam Boaz Solossa cs 0-3 di hadapan para pendukungnnya sendiri dan membuat poin mereka tak bisa menjadi dua tim teratas tabel klasemen.

Berikut daftar tim tuan rumah Piala AFF/Piala Tiger yang gagal lolos ke babak semifinal:

Singapura:

Piala Tiger 1996 - tuan rumah penuh (penyisihan grup dan fase knock-out)
Piala Tiger 2002 - tuan rumah penyisihan Grup B
Piala AFF 2014 - tuan rumah penyisihan Grup A

Vietnam:

Piala Tiger 2004 - tuan rumah penyisihan Grup A

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya