Kabar Buruk Datang dari Jantung Pertahanan Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Rudolof Yanto Basna.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia harus kehilangan dua pemain intinya di jantung pertahanan pada laga semifinal Piala AFF 2016 mendatang. Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto dipastikan absen karena akumulasi kartu.

Sosok Faisal Halim, Pemain Timnas Malaysia yang Disiram Air Keras hingga Melepuh

Kedua pemain yang selama di babak penyisihan Grup A jadi andalan, harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Yanto dan Fachruddin mendapatkan kartu kuning kedua mereka selama fase grup saat menang 2-1 atas Singapura akhir pekan kemarin. Kehilangan ini tentu sangat disayangkan.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Bek milik Persib Bandung dan Sriwijaya FC itu adalah pilihan utama Alfred Riedl dalam tiga pertandingan grup. Komunikasi antara keduanya pun mulai solid, setelah sempat goyah di awal kompetisi.

Dengan begitu, Riedl selaku juru taktik mesti pandai mencari solusi pengganti Yanto Basna dan Fachruddin. Ada dua nama yang saat ini berposisi sebagai bek tengah yaitu Gunawan Dwi Cahyo dan Hansamu Yama Pranata.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Gunawan memiliki peluang tampil lebih besar karena lebih berpengalaman untuk bermain di ajang ketat seperti ini. Ia pernah membela Timnas Indonesia di final SEA Games 2011 silam.

Hansamu juga memiliki pengalaman cukup baik berkostum Timnas, tetapi saat itu masih berada di level U-19 saja. Untuk menghadapi tekanan di laga penting, pemain muda ini sepertinya akan disiapkan sebagai pengganti.

Kondisi tidak berbeda juga dirasakan Vietnam setelah juga kehilangan bek seniornya pada laga leg pertama melawan Indonesia nanti.

(Baca Juga: Indonesia Dapat Kabar Bagus Jelang Tantang Vietnam)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya