Riedl Genjot Fisik Pemain Cadangan Timnas Indonesia

Latihan tim nasional Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia menjalani sesi latihan perdana, jelang laga final leg 1 Piala AFF 2016 kontra Thailand. Bertempat di Lapangan Sepakbola Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang Selatan, 23 pemain Tim Garuda ambil bagian dalam sesi ini, Jumat 9 Desember 2016 sore WIB.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Dalam sesi latihan kali ini, Ketua Umum PSSI, Letjen TNI Edy Rahmayadi dan Waketum, Joko Driyono turut hadir. Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, tak memberikan waktu bersantai terlalu banyak jelang laga final. 

Sebab itu, Riedl langsung menjadwalkan kembali Boaz Solossa cs masuk dalam sesi latihan. Materi latihan kali ini lebih difokuskan kepada fisik kepada para pemain pelapis semisal, Zulham Zamrun, Evan Dimas, dan Gunawan Dwi Cahyo. 

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

"Alasannya mudah saja, mereka (pemain pelapis) jarang mendapat waktu bermain. Maka itu, kami mencoba untuk fokus kepada fisik para pemain pelapis, agar kondisi kebugarannya tetap terjaga," kata Riedl kepada wartawan usai latihan.

Sementara itu, para pemain inti seperti, Boaz Solossa, Andik Vermansyah, Rizky Rizaldi Pora, dan Manahati Lestusen, lebih banyak beristirahat dalam sesi kali ini. Hal ini dimaksudkan untuk memulihkan stamina para pemain yang terkuras setelah laga kontra Vietnam.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

"Para pemain dalam kondisi yang sangat baik. Hanya saja mereka mengalami sedikit kelelahan. Jadi, untuk para pemain utama, mereka hanya menjalani latihan ringan saja untuk recovery (pemulihan). Intinya, mereka akan siap untuk laga melawan Thailand," kata Riedl.

Soal peluang, Riedl mengatakan, dirinya tak bisa memprediksi hasil laga pertama kontra Thailand nanti. Pelatih asal Austria ini hanya menjanjikan, pasukannya akan diinstruksikan bermain spartan, seperti dalam laga kontra Vietnam.

"Kita semua tahu, Thailand adalah tim yang kuat. Tidak bisa hanya dibicarakan (peluang). Ini adalah suatu hal yang harus dibuktikan nanti. Kami akan tetap bermain seperti laga melawan Vietnam. Jika kita bisa mempertahankan permainan seperti itu, saya rasa akan ada kans," ucap Riedl. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya