Pekerjaan Rumah Timnas Indonesia di Leg 2 Final Piala AFF

Selebrasi gol dari timnas Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Kemenangan yang diraih Indonesia atas Thailand pada babak final leg pertama Piala AFF 2016 dirasa masih belum aman. Sebab, masih ada leg kedua yang akan digelar di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu 17 Desember 2016.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Berlaga di kandang lawan tentu bukan merupakan hal yang mudah. Terlebih, Indonesia bisa dibilang kalah kelas dengan tim Gajah Perang.

Kemenangan yang didapat Timnas di Stadion Pakansari bisa dibilang sebagai bonus dari kerja keras tim. Hal itu lantaran permainan skuat Garuda sepanjang 90 menit pertandingan masih kurang bagus dan tak terorganisir.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Hal itulah yang harus diperbaiki Alfred Riedl jelang leg kedua. Sebab, jika permainan Indonesia masih seperti leg pertama, bukan tidak mungkin Indonesia akan kesulitan meraih hasil maksimal.

"Indonesia belum memiliki konsep bermain, khususnya saat melakukan serangan. Masih terlihat individual dan tidak kolektif sehingga membuat serangan Indonesia selalu putus di tengah. Berbeda dengan Thailand yang memiliki skema penyerangan yang baik," ujar pengamat sepakbola, Yusuf Kurniawan.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Menurut Yusuf, Riedl harus berkaca dari pertandingan melawan Vietnam. Apalagi lawan yang dihadapi Indonesia memiliki kelas yang lebih tinggi dibandingkan lawannya di semifinal.

"Alfred harus belajar banyak dari laga melawan Vietnam agar kita tidak menjadi bulan-bulanan Thailand, meski kita hanya perlu hasil imbang. Yang terpenting jangan membiarkan Thailand mendikte permainan," paparnya.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Ranking FIFA telah dirilis pada 4 April 2024. Timnas Indonesia jadi yang paling meroket pada periode ini. Skuad Garuda mengalami peningkatan delapan peringkat.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024